10 Peluang Usaha Menjanjikan Untuk Mahasiswa, Pelajar, dan Anak Sekolah

Ibisnis.net Peluang usaha untuk mahasiswa saat ini sungguh luar biasa banyaknya. Bisa dikatakan, inilah masa para mahasiswa yang notabenya adalah anak-anak muda itu menjadi entrepreneur sukses.

Sebagai anak sekolahan, mungkin pernah merasakan betapa ngepas-nya uang saku pemberian orang tua. Mulai untuk mengisi pulsa, kebutuhan pribadi, kebutuhan sekolah, kadang uang saku habis duluan dipakai untuk jajan. Tak sedikit mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan sendiri tapi ingin untuk tetap fokus belajar, dan pastinya pekerjaan sampingan tersebut bisa mengganggu proses belajar.

Maka dari itu jika tidak ingin proses belajar terganggu oleh aktivitas pekerjaan sampingan, memilih pekerjaan sampingan yang tepat adalah jawabannya. Dengan teknologi internet yang mereka kuasai memberikan dukungan kuat untuk mencapai titik itu. berikut ini beberapa contoh peluang usaha yang bisa dipilih.

1. Online Shop (Olshop)

Online Shop

Peluang usaha mahasiswa yang pertama adalah online shop. Para mahasiswa pastinya sudah tidak asing lagi dengan bisnis satu ini. Soalnya, hampir semua mahasiswa adalah pengguna aktif internet dan HP. Nah, jika Anda ingin memulai online shop, Anda bisa menjual berbagai produk melalui Dropship atau perusahaan penyedia dagangan.

Biasanya yang dijual para mahasiswa melalui online shop adalah produk-produk fashion mulai dari gaun, tas, sepatu, hijab, asesoris dan berbagai produk kosmetik lainnya.

Meskipun usaha ini hanya bermodalkan HP. Namun mereka bisa mencapai omzet yang tinggi dan berpenghasilan jutaan dalam sebulan, angka yang hebat untuk anak-anak muda yang masih menuntut ilmu.

Baca Juga : 8 Peluang Bisnis Masa Kini yang Bisa Dijalankan Dengan Menggunakan Smartphone

2. Jual Pulsa Elektronik

jual pulsa elektronik

Siapa sih yang tidak butuh pulsa internet saat ini? Anak-anak muda khususnya para mahasiswa adalah golongan yang sangat suka menghabiskan kuota internet dibandingkan golongan anak muda lain.

Bukan hanya bermain sosial media saja, para mahasiswa juga membutuhkan internet untuk mengerjakan beragam tugas kuliah. Usaha satu ini bisa kamu coba dengan menjualnya di pinggir jalan dekat kampus.

Kalau mau lebih simpel, Anda bisa menjalankan usaha ini dengan hanya bermodal HP dan menggunakan jaringan pertamanan Anda di kampus sebagai captive market. Setiap ada teman butuh pulas, tinggal kontak Anda dan Anda tinggal mengirimkannya.

3. Menjaga Warnet

Menjaga warnet bisa menjadi alternatif pekerjaan untuk mecari penghasilan tambahan. Saat ini, peluang usaha yang satu ini sangat cocok untuk kalian tekunin. Karena selain kerjaanya relative santai, menjaga warnet juga tentu akan memberi keuntungan tersendoro buat kalian.

Di sela-sela waktu pada saat menjaga pengunjung serta user menggunakan masing-masing PC di tempat kalian bekerja maka Anda dapat mengerjakan aktivitas yang lainnya. Misalnya saja kalian bisa sambil mengerjakan tugas, belajar ataupun membaca buku kuliah Anda. saat menjaga warnet Anda juga bisa mengakses kemampuan pada internet.

4. Pelayanan Jasa

PELAYANAN JASA

Layanan jasa yang berhubungan langsung dengan kegiatan mahasiswa seperti pembuat artikel, content, writer, pengelola web, jasa SEO juga merupakan peluang usaha atau jenis usaha yang mengandalkan kemampuan Anda dalam menulis. Fotografi ataupun manajemen acara yang pada umumnya hal tersebut bisa di kuasai oleh para mahasiswa.

Menerima jasa penulisan ataupun desain web juga tentu akan sangat menguntungkan. Pastinya pekerjaan sampingan jasa penulisan artikel maupun desain web dapat Anda kerjakan tanpa mengganggu kesibukan kuliah Anda. Bahkan justru membuat otak Anda bekerja. Dengan melakukan hal ini dapat menambah pengetahuan dan hal-hal baru yang sebelumnya mungkin belum pernah Anda dapatkan.

5. Dropshiper / Reseller

menjadi reseller atau dropshipper

Dropshiper / Reseller yaitu sama-sama tidak memiliki barang atau produk sendiri. Jadi anda memiliki cukup modal anda bisa mulai bisnis online reseller, tapi jika anda tidak memiliki modal/sedikit modal anda bisa memulai dengan bisnis online dropship.

Saat ini, banyak sekali online shop yang membuka jasa layanan reseller dan dropshipper. Nah, Anda bisa coba bergabung di online shop tersebut tergantung jasa yang Anda pilih. Namun, sebelum terjun sebaiknya pahami terlebih dahulu soal sistem kedua jasa tersebut. Jika ditekuni dengan baik, maka kegiatan ini juga bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

6. Bisnis Les Privat

bisnis les private

Peluang usaha untuk mahasiswa yang satu ini sering disebut “mahasiswa banget” yaitu membuka jasa les privat. Mencari beberapa murid SD, SMP, atau SMU untuk diberi les tambahan di sore hari.

Untuk menjadi seorang guru les privat, Anda tentu harus menguasai beberapa mata pelajaran si murid. Itu tak terlalu sulit buat seorang mahasiswa, pastinya Anda sudah pernah melewati pelajaran yang digunakan si anak didik. Bagian yang sulit itu menjadikan diri Anda seorang tentor yang nyaman bagi si anak.

Anda punya pilihan untuk membuka sendiri jasa les ini dan mendatangi dari rumah ke rumah untuk mengajar anak. Yang model begini bisa menjadi tambang uang ketika cara Anda mengajar disukai anak dan membuatnya tambah pintar.

7. Penyiar Radio

penyiar radio

Buat Anda yang pede dan pandai berbicara, mungkin pekerjaan ini bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan sampingan. Untuk menjadi bagian dari pekerjaan ini, kamu bisa mencari stasiun radio di dekat rumah atau kampusmu. Apakah mereka mau menerima penyiar untuk jam malam, kamu bisa masuk disana. Atau kamu ikuti website radio-radio, jika mereka membuka lowongan, biasanya mereka akan mencantumkan di website mereka.

8. Bisnis Jualan Makanan Kecil

bisnis jualan makanan kering

Jika kantin kampusmu terletak cukup jauh dari ruang kuliah, ada sebuah bisnis yang dapat dijalankan, yaitu bisnis menjual makanan kecil. Peluang bisnis ini muncul saat pergantian mata kuliah dan ada waktu istirahat di antaranya. Ini adalah peluang Anda untuk berjualan makanan kecil di ruang kelas. Sebab, makanan kecil, seperti air mineral, snack dan lainnya banyak dibutuhkan untuk mengganjal perut yang lapar ketika sedang kuliah.

9. Web Designer

WEB DESIGN

Web design merupakan pilihan yang paling tepat untuk mahasiswa. Karena mahasiswa adalah anak-anak muda yang paling gandrung dengan segala yang berbau program computer yang serba canggih. Menjadi desainer website adalah salah satu peluang yang tiada batasnya.

Namun web design bukan hanya ladang bisnis untuk mahasiswa teknologi informasi sajakarena keahlian ini dapat dipelajari oleh semua orang. Terbukti banyak web designer profesional yang tidak memiliki latar belakang pendidikan teknologi informasi. Bayaran yang bisa Anda terima pun bervariasi tergantung kerumitan website yang diinginkan.

10. Menjadi Youtuber

menjadi youtuber

Peluang usaha yang paling santai dan bisa menghasilkan banyak uang ialah menjadi seorang youtuber. Cara untuk memulainya pun tidak terlalu sulit. Cukup sajikan konten yang sesuai dengan passion Anda. Dibayar karena menjalankan passion adalah impian semua orang.

Anda bisa menyajikan beberapa jenis konten dalam channel youtube Anda. Anda bisa membuat konten tentang travelling, vlogging, game, atau bahkan unboxing produk atau barang. Anda juga bisa membuat konten informasi seperti bagaimana cara memulai bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa.

Baca Juga : Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? Hindari 7 Kesalahan Ini

Itulah beberapa peluang usaha untuk mahasiswa yang cocok dijalankan dengan modal kecil bahkan lebih bermodal niat dan konsistensi.

Mungkin Anda juga menyukai