10 Strategi Jitu Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Ibisnis.net Konsumen adalah raja patut menjadi slogan bagi para pengusaha, baik mereka yang baru merintis ataupun sudah memiliki omset yang besar. Tidak dipungkiri bahwa jumlah keuntungan terbesar berasal dari tingkat pembelian konsumen. Sebuah usaha yang tidak memiliki konsumen maka hanya menjadi pekerjaan amal belaka. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku usaha untuk melayani calon konsumennya sebaik mungkin.

Apalagi persaingan bisnis di Indonesia sangat ketat sehingga perusahaan harus cerdas agar produk mereka tetap diminati oleh konsumen. Biasanya perusahaan akan melakukan segala strategi agar dapat meningkatkan loyalitas dari konsumen. Berikut ini 8 Strategi meningkatkan loyalitas konsumen yang dapat menginspirasi Anda.

1. Menghubungi Konsumen secara Berkala

menghubungi konsumen secara berkala

Menjalankan suatu bisnis pasti harus pantai berkomunikasi. Komunikasi membuat segalanya menjadi lebih mudah. Meskipun barang Anda sebaik apapun, tetapi jika tidak diimbangi oleh sikap yang komunikatif, maka pelanggan merasa kurang diperhatikan. Akibatnya, mereka akan cenderung meninggalkan bisnis Anda dan beralih para pengusaha lainnya. Komunikasi tidak perlu dilakukan setiap hari, tetapi secara berkala yang berfungsi untuk memastikan ada perkembangan penting yang bisa dibagikan untuk para konsumen.

2. Memberikan Membercard Kepada Konsumen

memberi membercard kepada konsumen

Program membercard merupakan strategi untuk mengikat konsumen. Program ini merupakan sarana untuk memberikan palayanan yang berbeda kepada konsumen yang memiliki membercard. Dengan adanya membercard, konsumen mendapatkan layanan khusus, harga khusus, dan akan mendapatkan reward yang lebih dibandingkan dengan konsumen yang tidak memiliki membercard. Namun, banyak program loyalitas yang ditawarkan oleh perusahaan menjadi semakin sulit untuk menari perhatian konsumen suatu program. Maka, perusahaan harus jeli dalam menyusun program loyalitas konsumen agar dapat memberikan nilai tambah yang relavan bagi konsumen dan membangun ikatan terhadap produk secara jangka panjang.

3. Membuat Konten Berharga

membuat konten berharga

Buatlah konten berharga yang menunjukkan bahwa Anda merupakan brand yang terbaik di antara kompetitor. Maksudnya tentang isi dan review produk yang Anda miliki. Misalnya pada Laptop, meskipun mengetahui keadaan Laptop tersebut baik, tetapi review juga memberikan pertimbangan sendiri bagi para calon pembeli. Meski pada akhirnya konsumen tidak membeli produk Anda, tetapi setidaknya, dia akan terus mengunjungi situs tersebut karena memiliki konten yang berkualitas untuk dibaca dan sebagai referensi.

4. Memberikan Rewards

memberikan rewards

Sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen, berikan rewards kepada konsumen. Ini bisa Anda kolaborasikan dengan penggunaan membercard. Rewards bisa berupa poin atau lainnya yang nanti bisa ditukar produk. Intinya setiap transaksi yang dilakukan oleh konsumen, bisa diberikan poin. Sehingga konsumen pun akan lebih suka menggunakan produk Anda.

5. Menjadi Otoritas di dalam Bidang Anda

menjadi otoritas di dalam bidang anda

Sebuah usaha memerlukan rasa percaya diri yang tinggi. Hal tersebut akan membawa Anda tampil berbeda dibandingkan kompetitor lainnya. Selain itu, calon konsumen akan melihat bahwa produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang terbaik. Untuk merealisasikannya, Anda bisa menggunakan banyak referensi terlebih dahulu dan memulai dengan mengubah beberapa hal secara bertahap.

6. Membuat Keputusan

membuat keputusan

Keputusan yang Anda berikan kepada para konsumen ketika mereka membeli atau menyewa produk yang dimiliki. Agar tidak dinilai plin plan dalam mengambil keputusan, sebaiknya bisa dirundingkan dengan beberapa teman atau karyawan lainnya terlebih dahulu. Yang jelas, Anda tidak boleh terlihat ragu dalam mengambil sebuah keputusan tersebut. Semakin tepat keputusan yang dibuat, maka semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen.

7. Memberikan Inovasi Produk

memberikan inovasi produk

Sebuah produk yang melakukan inovasi dengan sendirinya membangun loyalitas konsumen. Kebutuhan konsumen akan selalu berubah-ubah dan ingin mendapatkan lebih sehingga perusahaan harus melakukan inovasi terhadap produk. Inovasi yang dapat Anda lakukan dengan mengganti kemasan produk yang baru, jasa layanan dan cara pengiriman barang. Sehingga seorang pebisnis harus melakukan inovasi produk dan jasa mereka di era internet sekarang ini.

8. Jelas dan Transparan

jelas dan transparan

Ungkapkan secara jelas apa yang dilakukan, bagaimana Anda menghantarkan pelayanan serta apa yang dapat diharapkan oleh konsumen dari Anda. Loyalitas konsumen dapat meningkat berdasarkan bagaimana Anda mengatasi sebuah kesalahan. Studi menunjukkan bahwa 70 persen konsumen yang merasa tidak puas akan bertransformasi menjadi konsumen loyal jika masalah mereka diselesaikan, terutama bila melebihi ekspektasi mereka.

9. Identifikasi Kesempatan-kesempatan secara Proaktif

identifikasi kesempatan-kesempatan secara proaktif

Ingat bahwa posisi Anda adalah pengusaha atau pelaku bisnis. Oleh karena itu, sangat penting jika memiliki prinsip menjemput bola jika konsumen yang ingin menggunakan produk Anda ternyata kesulitan untuk mengunjungi toko Anda. Ada baiknya Anda menyediakan fasilitas delivery supaya baik Anda juga para pelanggan sama-sama dalam kondisi yang nyaman.

10. Menciptakan Varian Baru

menciptakan varian baru

Setiap Perusahaan harus melakukan inovasi terhadap produknya karena konsumen cepat bosan. Sehingga, perusahaan harus melakukan strategi untuk mengembangkan produk-produk dengan cara menambahkan varian-varian baru. Agar pelanggan tidak meninggalkan produk yang Anda jalankan dan beralih ke produk pesaing Anda.

Itulah 10 strategi jitu untuk meningkatkan loyalitas konsumen yang dapat Anda terapkan saat Anda membangun sebuah bisnis. Hal ini supaya konsumen terus membeli produk Anda dan tidak beralih ke produk yang lain. Jadi dengan begitu Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar pada bisnis Anda.

Mungkin Anda juga menyukai