3 Fakta Menarik Sarang Burung Walet, Manfaat dan Keuntungan Bisnisnya

Ibisnis.net – Burung walet atau Collocalia Fuciphaga termasuk salah satu burung yang memiliki keistimewaan. Terutama dari ribuan jenis burung lain yang ada di dunia. Selain itu ada banyak fakta unik yang dimiliki bagi para pengusaha burung walet yang sudah berpengalaman.

Meskipun tidak berkicau seperti burung lainnya, burung walet ini justru dapat meraup banyak keuntungan atau sampai ratusan juta. Semua keuntungan tersebut didapatkan dari air liur dan sarang burung walet.

Burung walet sendiri hanya hidup di Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan negara lainnya. Tidak sedikit orang-orang luar negeri yang mengetahui khasiat atau manfaat sarang burung walet serta mau mengimpor sarang burung walet secara langsung di Indonesia. Jadi tidak heran jika harganya juga sangat mahal.

Fakta-fakta Menarik Tentang Sarang Burung Walet

Dapat Dikonsumsi

Sarang burung walet ini diklasifikasikan sebagai tonik dan bisa dikonsumsi sebelum makan atau saat perut kosong. Dengan begitu tubuh menjadi lebih mudah saat menyerap nutrisi.

Sarang burung walet ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dikenal dengan makanan kecantikan. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena memiliki kandungan glikoprotein yang cukup tinggi, properti energik netral dan untuk faktor pertumbuhan.

Kandungan yang ada tersebut mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah, terutama untuk para kaum pria. Sedangkan sebagai makanan kecantikan, sarang burung walet ini dapat membuat wajah menjadi lebih awet muda dan meningkatkan kecerahan warna kulit.

Hal tersebut benar-benar terbukti, dari adanya penelitian modern yang menunjukkan sarang burung walet yang kaya dengan EGF atau faktor pertumbuhan epidermal. Berfungsi untuk perbaikan jaringan kulit dan kulit itu sendiri.

Dapat Mempercepat Pemulihan Penyakit

Biasanya pada sarang burung walet akan terdapat warna merah, tapi warna merah tersebut bukan berasal dari darah burung walet. Karena warna ini disebabkan oleh mineral yang diserap oleh lingkungan atau oksidasi.

Sarang burung walet juga dapat mempercepat pemulihan penyakit dan dapat dikonsumsi orang lanjut usia yang baik untuk kesehatan. Mempercepat pemulihan penyakit, karena dapat memberikan dampak yang membuat tubuh menjadi bugar.

Hal ini terjadi karena adanya protein dan nutrisi yang ada pada sarang burung walet. Membantu proses pemulihan dari penyakit berbahaya serta kronis. Biasanya penyakit yang dapat disembuhkan menggunakan sarang burung walet seperti batuk kronis dan asma.

Sedangkan untuk orang lanjut usia, dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja tubuh yang sudah tidak maksimal. Mengurangi kelelahan akibat penuaan dan dapat membantu meredakan batuk kering serta kronis. Mampu merangsang nafsu makan, menstimulasi gerakan usus dan meningkatkan pencernaan.

Menjadi Suplemen Pertumbuhan Anak

Anak sendiri selalu membutuhkan asupan makanan yang bergizi, tapi karena jarang tercukupi maka suplemen dan vitamin sangat dibutuhkan. Salah satu suplemen untuk anak merupakan sarang burung walet.

Karena sarang burung walet mengandung asam amino, protein dan mineral yang penting dalam perkembangan anak. Saat anak mengkonsumsi sarang burung walet secara teratur, maka dapat mencegah penyakit flu dan pilek. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal serta meningkatkan ketahanan tubuh terhadap faktor lingkungan.

Manfaat Sarang Burung Walet

Sarang burung walet ini memang sudah diolah menjadi makanan yang eksotis dan harga jualnya juga sangat mahal. Tapi sarang burung walet juga memiliki rasa yang lezat dan banyak manfaat baik untuk tubuh kita.

Terutama dengan kandungan asam amino dan mineral yang baik mampu mencegah terjadinya resistensi insulin. Air liur burung walet ini mengandung asam amino yang terdiri dari asam aspartat dan prolin yang dapat bermanfaat untuk regenerasi sel. Sistein dan fenilalanin yang dapat meningkatkan kerja impuls saraf, kerja memori serta kerja penyerapan vitamin D sinar matahari.

Tirosin di dalamnya mampu mempercepat pemulihan setelah sakit dan glukosaminnya dapat membantu proses pemulihan tulang rawan.

Sedangkan menjadi sumber mineral yang baik, karena mineral sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seperti tembaga, mineral mangan dan seng yang bermanfaat untuk meningkatkan kerja saraf dan memori. Selain itu kromium sendiri dapat membantu penyerapan nutrisi yang ada di usus.

Sarang burung walet ini juga memiliki beberapa mineral lain seperti mineral kalsium, kalium, zat besi dan magnesium. Mampu membentuk sistem kekebalan tubuh dan melawan terjadinya peradangan.

Keuntungan Bisnis Sarang Burung Walet

Selain manfaatnya yang sudah sangat terkenal, bisnis atau usaha sarang burung walet juga sudah populer sejak lama. Terutama orang-orang Indonesia yang kaya berkat usaha tersebut. Mendatangkan keuntungan yang cukup besar, karena memiliki harga jual yang tinggi.

Sarang burung walet ini mahal karena memiliki manfaat yang cukup banyak. Mampu menghilangkan panas dalam sampai menyembuhkan penyakit paru-paru. Usaha tersebut juga sangat cocok jika dijalankan di pedesaan yang tempatnya jauh dari kebisingan.

Karena tempat-tempat ini biasanya banyak burung walet yang menetap dan berkeliaran untuk membuat sarang. Sarang burung walet yang memiliki ekonomis tinggi ini kemudian diincar oleh banyak orang dan menghasilkan uang.

Modal Usaha Sarang Burung Walet

Untuk menjalankan bisnis sarang burung walet, tidak semudah membalikkan tangan. Anda membutuhkan perencanaan dan pertimbangan yang matang. Membutuhkan modal yang besar, bisa sampai puluhan juta rupiah sampai ratusan juta. Tapi keuntungannya juga sangat besar.

Oleh karena itu banyak orang yang memiliki modal besar yang mampu menjalankan bisnis tersebut. Keuntungan yang didapatkan sampai 2 kali lipat dari modal dan termasuk bisnis menjanjikan. Investasi yang dapat dilakukan mulai dari bangunan untuk sarang burung walet dan dana yang besar.

Baca Juga : 4 Cara Mengatur Modal Usaha dan Cara Menghindari Kebangkrutan

Harga Sarang Burung Walet

Untuk keuntungan bisnis dan harga sarang burung walet sendiri setiap kilogram nya mencapai Rp. 26 juta sampai Rp. 29 juta. Dengan banyaknya petani sarang burung walet di Indonesia membuat negara kita menjadi pemasok terbesar sarang burung walet di dunia.

Ada sampai 80% sarang burung walet yang dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia dan sarang tersebut berasal dari para petani Indonesia. Sama dengan perdagangan lainnya, harga dari sarang burung walet ini dapat naik dan turun tergantung permintaan pasar.

Biasanya untuk penyebab turunnya harga, karena sudah semakin banyak petani sarang burung walet di Indonesia dan ada isu-isu buruk yang beredar. Jika Anda ingin memulai bisnis sarang burung walet ini, persiapkan rumah atau lokasi yang dapat menjadi tempat tinggal burung-burung tersebut. Baik dengan membangun dari nol atau sudah dalam bentuk gedung.

Saat membangun rumah burung walet, biasanya harus memiliki 4 lantai dengan ukuran luasnya 12 meter x 36 meter. Setelah selesai membuat bangunan tersebut, lakukan berbagai upaya supaya dapat mengundang burung walet untuk tinggal di gedung tersebut.

Caranya ada cukup banyak, seperti membunyikan suara burung walet di gedung menggunakan lalat audio. Dengan begitu burung-burung walet akan terpancing.

Mungkin Anda juga menyukai