5 Kunci Sukses Memulai Bisnis Franchise Biar Cepat Berkembang

ibisnis.net – Sebelum membahas mengenai bisnis Franchise, sebenarnya apa sih Franchise atau biasa disebut waralaba itu? Franchise secara sederhana dapat dikatakan sebagai hubungan yang salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa.

Franchise di Indonesia tergolong banyak dan berbagai berbagai jenisnya. Mulai dari franchise makanan sampai jasa pengiriman.

Memulai Bisnis Franchise ini sangat membutuhkan pengorbanan dan juga dedikasi yang tinggi. Tanpa adanya usaha keras serta kerja keras, kemungkinan besar bisnis Anda tidak akan bisa berkembang dengan baik. Itulah sebabnya kenapa dibutuhkan sebuah keseriusan dan pengorbanan baik dalam hal pikiran, tenaga, biaya dan waktu dalam membangun sebuah usaha. Termasuk ketika kita ingin terjun di bisnis waralaba yang semua sistem bisnis dan peralatannya sudah dipersiapkan oleh pemilik brand waralaba.

5 Kunci Sukses Memulai Bisnis Franchise

1. Tentukan Segmentasi Pasar

Hal terpenting sebelum kita memutuskan untuk memulai bisnis waralaba adalah menentukan segmentasi pasar. Kita harus memutuskan kepada siapa produk itu akan dijual nantinya, apabila target sasaran adalah mahasiswa kampus tentu yang paling tepat adalah waralaba dengan produk harga jual terjangkau.

Hal ini bertujuan untuk menentukan posisi paling strategis pada penempatan outlet nantinya. Tempat yang strategis akan sangat mempengaruhi pendapatan dan kelancaran bisnis ini. Jika memang segmentasi pasar adalah mahasiswa tentu kita harus mencari info di mana lokasi yang memang ramai dengan tempat kos dan kampus mereka.

2. Pilih Waralaba yang Mudah di Jalankan

Bisnis waralaba sangat banyak jenisnya sehingga kita terkadang bingung ingin memulai dari yang mana. Namun untuk pemula dalam memulai bisnis ada baiknya kita memilih jenis waralaba yang simpel, karena dengan begitu kita dapat memaksimalkan potensi diri untuk lebih belajar dalam pengembangan bisnis.

Misalnya, sebelum kita memilih waralaba dengan menu minuman yang memiliki banyak variasi kita bisa memulainya dengan waralaba berjenis minuman yang fokus dengan beberapa variasi menu saja.

Hal ini juga bertujuan untuk menekan modal usaha karena semakin banyak variasi belum tentu akan semakin laris juga, bisa jadi beberapa menu ada yang tidak difavoritkan sehingga hasilnya pun mubazir. Akan lebih bijak apabila kita berfokus pada menu inti yang memang digemari sehingga konsumen akan datang lagi dan lagi.

3. Pilih Waralaba dengan Harga Produk Terjangkau

Faktor yang berhubungan dengan harga sangatlah penting dalam sebuah bisnis. Harga produk yang terjangkau dan memiliki kualitas baik tentunya menjadi primadona di mata para konsumen. Nah, untuk itu Anda harus mencari bisnis waralaba yang mana harga produknya terjangkau oleh semua kalangan.

Contoh bisnis waralaba harga produk terjangkau :

Bisnis Waralaba Minuman

1. Cappucino Cincau Tempo Doeloe – Rp. 2 juta

Waralaba asal Gresik ini biaya franchisenya sangat murah lho, yaitu mulai dari Rp. 2 juta saja. Usaha ini tidak dikasih gerobak, hanya dikasih spanduk saja. Walaupun berasal dari Gresik, Jawa Timur, kamu tetap bisa membuka cabang di Jakarta dan daerah lainnya.

2. Pee Bee – Rp. 3 juta

Waralaba satu ini berasal dari Solo, sampai saat ini cukup ngetop di Sumatera hingga Kupang, Waralaba ini sudah memiliki banyak cabang lho. Minuman yang mereka sediakan adalah minuman segar berupa Bubble Drink, Tropical Drink, Thai Tea, dan cemilan.

3. Minuman Coklat Nuguy – Rp. 3,5 juta

Waralaba minuman coklat satu ini berasal dari Gresik, Jawa Timur, dan tentunya mereka juga melayani kemitraan di luar kota. Minuman ini bisa disajikan secara dingin maupun panas, pas buat kalangan manapun yang memang gemar minuman cokelat.

4. Bubble Boom – Rp. 2,2 juta

Bubble Boom ternyata di kelola oleh manajemen yang sama dengan Coklat Nuguy di atas. Minuman ini punya sembilan varian rasa yang enak. Lima rasa andalannya adalah Cappucino, Cokelat, Green Tea, Bubblegum, dan Melon. Bubble-nya pun lembut dan kenyal. Cuma modal Rp 2,2 juta sudah bisa membuka usaha ini lho!

5. Nyoklat Kress – Rp. 2,9 juta

Nyoklat Kress ialah minuman coklat dengan beragam rasa dan varian krispi di dalamnya. Pokoknya bisa memberikan sensasi menikmati cokelat yang berbeda buat para pelanggan.

Minuman ini hadir dengan sembilan rasa, yaitu Original Chocolate, Chocolate Hazzlenut, Chocolate Tiramisu, Chocolate Milk, Chocolate Cake, Chocolate Oreo, Chocolate Banana, Chocolate Mocha, Chocolate Cappucino.

Bisnis Waralaba Makanan

bisnis waralaba makanan

1. Shizuka Takoyaki – Rp. 2,2 juta

Makanan ini berasal dari Bekasi, tetapi apa yang mereka jual adalah cemilan asal Negeri Sakura. Takoyaki adalah makanan asal Jepang yang berbentuk bola-bola kecil dan dibuat dari adonan tepung berisi gurita. Di Jepang, makanan ini dijual di pinggir jalan sebagai cemilan.

2. Mister Jagung Manis – Rp. 2,9 juta

Kamu bisa membuka waralaba Mister Jagung Manis dengan modal Rp. 29 juta saja. Waralaba satu ini berasal dari Cengkareng, Jakarta Barat, ini menggunakan bahan baku jagung pipilan kualitas terbaik. Terdapat banyak pilihan rasa dari camilan jagung manis ini, tentunya itu semua tergantung sama topping yang disediakan.

3. George Gandos – Rp. 3,9 juta

Gandos merupakan makanan khas Indonesia lho, Di beberapa tempat disebut rangin tapi di tempat lain disebut dengan nama pancong.

George Gandos berbeda dengan gandong biasa. Karena tersedia ennam rasa, yaitu keju, barbeque, balado, sapi panggang, pizza, dan jos (pedas). Dengan modal Rp 3,9 juta, kamu suda bisa membuka usaha ini.

4. Edola Burger – Rp. 4,6 juta

Makanan cepat saji satu ini memiliki peluang bisnis yang tak bisa kamu anggap remeh. Oleh karena itu, berbisnis waralaba makanan cepat saji bisa membuat kamu mendulang untuk yang melimpah. Untuk membuka peluang usaha, kamu bisa bergabung dengan Edola Burger yang sudah memiliki cabang franchise hingga 700 lebih jumlahnya di seluruh wilayah Indonesia. Untuk dapat membuka Edola Burger, kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp 4,5 juta.

5. Mabasa – Rp. 5 juta

Mabasa yaitu sebutan dari “Makaroni Banyak Rasa” yang berasal dari bandung. Mabasa sudah ada sejak tahun 2009 sehingga kamu tak perlu lagi meragukan kesuksesannya. Mabasa mematok harga franchise yaitu Rp 5 juta, tapi hanya untuk agen di kota Bandung. Sementara jika kamu ingin membuka waralaba Mabasa di luar kota Bandung, maka kamu harus mengeluarkan dana 2x lipat.

Baca Juga : Peluang Usaha Waralaba yang Menjanjikan Untuk Inspirasi Bisnis Anda di Tahun 2019

3. Pilih Bisnis Waralaba yang Banyak di Cari Konsumen

Bisnis waralaba yang banyak dicari konsumen

Jika suatu jenis produk atau barang di sukai banyak orang, hal tersebut tentunya cukup bagus untuk berbisnis. Usaha waralaba yang paling banyak di cari konsumen untuk saat ini ialah usaha waralaba kuliner, hampir di setiap sudut kota pasti ada saja usaha kuliner ini, bagi anda yang tertarik dengan waralaba kuliner bisa memulai bisnis tersebut anda harus melakukan survey atau pengamatan dengan cara melihat terlebih dahulu lokasi strategis agar usaha yang anda jalani cepat berkembang.

4. Pilih Bisnis Waralaba yang Dekat Dengan Rumah

Bisnis waralaba memang saat ini sedang menjadi primadona yang mempunyai banyak sekali jaringan, sehingga tidak heran jika lokasi merk dagang tersebut berada di banyak wilayah B tetapi Anda menjalankannya di wilayah G. Namun, bagi para pemula sebaiknya bergabunglah dengan bisnis waralaba yang ada di sekitar rumah Anda. Hal ini akan memudahkan Anda mendapatkan informasi mengenai bisnis tersebut dan akan mudah dijalankan.

5 Melakukan Promosi

membuka usaha waralaba di dekat rumah

Setelah sudah menyiapkan semuanya dan apa jenis waralaba yang akan dikelola, hal terpenting selanjutnya adalah promosi. Tidak harus promosi dalam media cetak seperti bisur atau pamflet yang memerlukan modal yang cukup besar, kita dapat memaksimalkan promosi dengan media digital seperti internet.

Saat ini hampir semua orang sudah memiliki akun sosial media, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter dan masih banyak lagi. Banyak juga akun dengan follower tinggi yang menawarkan jasa endorsement untuk promosi sebuah produk. Selain untuk promosi, hal ini juga bermanfaat agar kita bisa lebih dekat dengan para konsumen.

Memulai usaha waralaba sangat membutuhkan kesiapan fisik dan mental, perlu perencanaan yang matang sebelum benar-benar terjun ke dunia usaha waralaba. Nah kami rasa cukup sekian yang bisa kami berikan, semoga informasi mengenai kunci sukses memulai usaha waralaba ini bermanfaat untuk kita semua.

Mungkin Anda juga menyukai