7 Bisnis Usaha Yang Akan Menjadi Trending di Tahun 2019

Ibisnis.net Tahun 2019 sudah di depan mata. Bagi Anda yang telah mendapatkan pekerjaan yang sangat mapan atau sudah memiliki usaha kami mengucapkan selamat. Sedangkan bagi Anda yang masih mencari maupun mencoba keberuntungan, jangan berkecil hati. Biasanya di tahun yang baru banyak orang yang memiliki resolusi perubahan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Resolusi yang diinginkan pun beraneka ragam, contohnya dalam hal jodoh, pekerjaan, keluarga, dan juga bisnis. Nah, untuk poin terakhir apakah Anda juga ingin memulai bisnis di tahun 2019 nanti? Apakah anda sudah bosan untuk menjadi pegawai? Ataukah Anda ingin mencoba bisnis baru di tahun 2019?

Jika jawaban Anda iya, maka Anda harus menyimak artikel ini hingga usai. Pasalnya, dalam pembahasan berikut akan dipaparkan mengenai bisnis trending di tahun 2019. Berikut ulasannya.

Prediksi Bisnis Trending Tahun 2019

1. Membuka Usaha Design Grafis

design grafis

di jaman digital seperti ini memungkinkan bakat terpendam Anda untuk dapat disalurkan dan sekaligus mendapatkan duit. Untuk Anda yang hobi design, di tahun 2019 nanti ada kabar gembira yang menanti Anda. Seiring dengan tahun politik di Indonesia, maka bisnis design akan semakin dibutuhkan.

Para calon legislatif di berbagai daerah tentu memerlukan alat peraga untuk bisa berkampanye. Alat peraga yang digunakan biasanya seperti spanduk, banner, baligho, poster, dan sebagainya.

Tentu saja mereka memerlukan jasa design grafis untuk bisa membuat tampilan alat peraganya menjadi enak dilihat.

Selain karena tahun politik, Pangsa pasar desain grafis offline maupun online selalu ada. Selama masih ada orang membutuhkan jasa membuat kartu undangan, flyer, tampilan web, maka job design grafis tetap akan maju. Bahkan, dengan semakin meningkat dan tingginya angka pembaca internet di negara ini, usaha desain grafis akan semakin menjanjikan. Yang dibutuhkan hanyalah bakat artistik Anda, kemampuan mengoperasikan software grafis, perangkat komputer mumpuni, sambungan internet untuk kerja, dan kemampuan marketing.

2. Bisnis Digital Agency

bisnis digital agency

Bisnis selanjutnya yang akan trending di tahun 2019 adalah bisnis digital agency. Bisnis tersebut merupakan sebuah bisnis yang menawarkan jasa untuk iklan atau promosi dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan lainnya.

Jasa ini biasanya sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak dalam digital untuk mempromosikan produksi lebih luas lagi.

Hal yang perlu Anda persiapkan dalam membangun digital agency ini adalah menyiapkan tim yang sesuai dengan divisi yang dibutuhkan. Biasanya yang diperlukan ialah marketing komunikasi, design grafis, keuangan, IT, copy writer dan lainnya.

Tidak perlu harus memiliki kantor, Anda bisa menjadikan rumah sebagai basecamp untuk bekerja. Promosi yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan media sosial atau menawarkan langsung kepada jaringan yang Anda Miliki.

3. Mendirikan Startup

startup

Bisnis pengembangan startup atau perusahaan rintisan sedang naik daun dikalangan anak muda Indonesia. Gojek, Bukalapak, Tokopedia merupakan beberapa contoh startup yang berhasil dan menjadi raksasa dalam dunia bisnis online di Indonesia. Perputaran modal mereka bisa mencapai puluhan hingga ratusan milyar perbulan. Tentu terbayang keuntungan bersih mereka. Semua itu berasal dari ide-ide luar biasa yang kemudian dieksekusi menjadi platform internet yang sangat menguntungkan.

So, jika Anda memiliki ide brilian yang tak terpikirkan sebelumnya dan sangat diperlukan oleh semua orang, mungkin Anda perlu cepat-cepat membuat startup-nya. Startup akan menampung ide Anda dan mewujudkannya menjadi bidang usaha yang real yang bermanfaat bagi masyarakat dan Anda sendiri.

Baca Juga : 8 Peluang Bisnis Masa Kini yang Bisa Dijalankan Dengan Menggunakan Smartphone

4. Bisnis Food Truck

food truck

Semua pasti sepakat bahwa bisnis kuliner satu ini tidak akan ada habisnya bahkan akan semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Bisnis kuliner ini memang soal lidah, jadi ketika cocok maka akan ada yang terus membeli dan menjadi pelanggan setia.

Walaupun begitu, tetap saja harus memiliki sebuah inovasi baru agar bisa menarik pelanggan baru. Inovasi tersebut bisa Anda lakukan dengan membuat sebuah bisnis food truck. Food truck menggunakan mobil truck yang dimodifikasi menjadi tempat untuk berjualan.

Selain merupakan bagian dari inovasi menjual makanan, dengan menggunakan food truck Anda tidak perlu menyewa tempat. Uniknya lagi, food truck bisa digunakan untuk berjualan keliling daerah.

Kemungkinan besar di Indonesia food truck ini akan semakin berkembang di tahun 2019 nanti. Modal yang diperlukan untuk membuka food truck ini adalah mobil truck, modifikasi untuk mobil, peralatan makanan, bahan baku makanan. Anda bisa mempromosikan food truck menggunakan media sosial agar tidak memakan banyak biaya.

5. Menjadi Blogger

menjadi blogger

Mungkin Anda berpikir bahwa blogger merupakan orang yang menulis artikel atau konten untuk blog. Hanya sekedar itu dan tidak lebih. Padahal seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar daripada pekerja kantoran. Memang tidak semudah dengan membalikkan telapak tangan untuk mewujudkannya dan tentu untuk sukses dalam bidang blogging Anda harus bisa mendapatkan banyak pengunjung blog. Untuk menghasilkan uang dari blog, caranya yaitu dengan cara memasang iklan AdSense pada blog yang anda miliki atau memasang iklan jenis lain, apabila pengunjung melakukan klik pada iklan maka penghasilan akan anda terima. Tentu tantangannya disini adalah meningkatkan jumlah pengunjung untuk memaksimalkan jumlah klik yang ada.

6. Menjadi Youtuber

menjadi youtuber

Menjadi Youtuber memang tidak mudah, Anda harus membuat konten-konten menarik untuk menarik perhatian penonton. Youtuber memeiliki pola yang sama dengan blogger. Hanya saja, jika blogger menggunakan basis blog, tulisan atau gambar, maka Youtuber menggunakan media video sebagai alat untuk menyampaikan informasi. Video yang dibuat tersebut kemudian di unggah di Youtube, oleh karena itu pengunggahnya kemudian disebut sebagai Youtuber.

Seorang Youtuber yang sukses akan mendapatkan banyak pengikut dan bisa menarik banyak pengunjung. Jika sudah demikian, maka seorang Youtuber bisa mendapat banyak pendapatan dari iklan dan juga bisa mendapat income sebagai endorser produk-produk dari perusahaan atau jasa yang ingin berpromosi melalui kanal Youtubenya. Jadi, sudah terbayang untuk menjadi youtuber di tahun 2019?

Baca Juga : Memulai Bisnis Online Hanya Dengan Modal Kecil, Berani Coba?

7 Bisnis Afiliasi

bisnis afiliasi

Afiliasi merupakan bisnis penjualan yang berbasis komisi. Apabila anda berhasil menjual sebuah barang atau jasa melalui afiliasi tersebut, maka uang akan didapat. Mungkin bisnis ini masih belum populer bagi sebagian orang. Tetapi jika anda mau mempelajarinya sebenarnya sangat mudah dilakukan, bahkan hanya memerlukan sebuah smartphone saja.

Caranya daftarkan diri anda terlebih ke salah satu situs afiliasi, penyedia akan memberikan tautan afiliasi yang berisi link URL alamat website milik si pemilik produk. Dari link itulah, anda harus mempromosikannya dan menarik perhatian agar orang lain mau mengklik dan membeli produk yang dijual pemilik afiliasi tersebut. Semakin banyak orang yang tertarik, maka semakin besar pula keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Demikian adalah 7 bisnis usaha yang diprediksi akan trending di tahun 2019 yang bisa Anda pertimbangkan.

Mungkin Anda juga menyukai