7 Ide Peluang Usaha Menguntungkan Dengan Modal Dibawah 1 Jutaan

Ibisnis.net Apakah anda bermimpi untuk mempunyai bisnis sendiri? Jika iya, apa yang menghalangi anda? Jika alasannya adalah kekurangan modal maka lupakan alasan tersebut. Bagi sebagian orang keterbatasan modal merupakan kendala untuk memulai suatu usaha. Apalagi dengan modal cuma sekitar satu juta. Betapa pusingnya kepala kita memutar otak untuk mengembangkan uang tersebut agar menjadi sebuah keuntungan dengan pendapatan cukup besar pula.

Namun, janganlah kamu berputus asa terlebih dahulu, keterbatasan modal bukan kendala utama dalam menjalankan suatu bisnis, masih ada banyak cara untuk mengembangkannya. Jika anda serius untuk membaca peluang usaha dengan modal dibawah 1 juta yang ada di sekeliling lingkungan anda, saya yakin anda akan menemukan jalan untuk menuju keberhasilan.

Mungkin anda masih ragu, modal dibawah 1 juta bisa buat apa? Jangan salah, dimasa sekarang ini. Meskipun ekonomi semakin sulit, Masyarakat cenderung lebih konsumtif. Oleh karena itu, Anda harus lebih jeli melihat peluang usaha ini. Daripada uang 1 juta anda habiskan cuma-cuma, mending dijadikan modal untuk buka usaha kecil-kecilan. Jangan khawatir jika khawatir jika anda bingung pengen usaha apa. Mungkin artikel saya ini dapat membantu para pemula bisnis yang ingin membuka usaha modal 1 juta dengan keuntungan yang menggiurkan.

Usaha Modal Dibawah 1 Juta Yang Menguntungkan

1. Berjualan Gorengan

berjualan gorengan

Jangan anggap remeh usaha kecil satu ini. Dengan modal perhari bisa mencapai antara 300 hingga 400 ribu rupiah, pastinya bisa memperoleh keuntungan hingga 100% dari modal.

Harga gorengan memang tidak terlalu mahal mungkin kisaran seribu hingga 2 ribu dapat 3 potong. Namun, kebanyakan orang selalu membelinya dalam jumlah banyak untuk dibawa pulang sebagai cemilan bersama teman atau keluarga.

Kira-kira modal yang paling besar untuk membuka peluang usaha ini adalah membeli gerobak dan alat-alat penggorengan termasuk tabung gas dan wajan. Untuk bahan-bahannya sendiri cukup mudah didapat dan harganya juga cukup murah. Anda bisa berjualaan gorengan di tempat umum, dijamin Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda dari modal yang anda keluarkan tadi.

2. Bisnis Dropship

bisnis dropship

Bisnis dropship adalah sistem dimana anda melakukan pemenuhan order pembelian dari seorang pembeli atau pelanggan dengan membeli barang tersebut dari “Supplier” dan “Supplier” tersebut mengirimkan barang tersebut langsung kepada pembeli anda.

Dalam proses bisnis dropship anda tidak membeli barang terlebih dahulu dari supplier, Anda hanya meneruskan suatu order pembeli yang anda dapatkan kepada supplier anda dan supplier lah yang akan mengirimkan produk tersebut ke pembeli.

Dengan sistem tersebut modal yang dibutuhkan dalam bisnis dropship sangatlah kecil bahkan anda dapat memulai bisnis dropship tanpa uang sekalipun. Modal utama yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk memasarkan dan marketing.

3. Bisnis Kuliner

bisnis kuliner

Bisnis di bidang kuliner merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Sebab kuliner merupakan pokok manusia untuk tetap hidup. Memulai usaha dengan modal dibawah 1 juta saja, Anda sudah bisa memulai bisnis bidang kuliner yang cukup potensial.

Meskipun sudah cukup banyak yang membuka bisnis kuliner, akan tetapi masyarakat biasanya akan memilih memesan pada pihak perorangan yang melayani jasa pesanan. dan mereka sudah menjadikan bisnis ini sebagai bentuk usaha rumahan.

4. Menulis Blog

menulis blog

Menulis blog juga merupakan suatu peluang usaha yang dapat menghasilkan uang. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang menjadi kaya raya dari menulis blog.

Memang tidak mudah untuk menghasilkan uang melalui bloh. Butuh waktu dan proses untuk membangun sebuah blog. Namun, jika anda mau berusaha dan terus belajar. Bukan tidak mungkin blog anda bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Rata-rata modal yang diperlukan untuk membuat blog dibawah 1 juta pertahun. Digunakan untuk menyewa hosting dan domain lokal. Jika anda masih pemula dan belum memiliki modal yang banyak. Jangan khawatir, anda masih bisa menghasilkan uang dari aktifitas menulis blog dengan platform blog gratisan seperti blogger.com.

5. Budidaya Ternak

budidaya ternak

Jika anda memiliki lahan yang luas, Membangun usaha dengan modal 1 juta yang bisa anda kembangkan adalah budidaya ternak seperti bebek, ayam, ikan lele, ikan nila dan lainnya.

Usaha ini memang harus dijalankan dengan keseriusan dalam mengelolahnya. Misalnya saja budidaya ternak lele menggunakan terpal. Modal yang harus anda siapkan adalah sekitar Rp 1 juta dengan rincian membeli terpal : Rp 100.000 x 2 = Rp 200.000, benih ikan lele Rp 150/ekor x 1000 = Rp 150.000 Sisanya anda gunakan untuk membeli pakannya.

Dalam tempo tiga bulan anda sudah dapat memanen ikan lele tersebut. Katakanlah dari 1000 ekot ikan lele yang anda budidaya mati sebanyak 100 ekor. Rata-rata per kilo sekitar 8 ekor ikan lele. Maka ikan lele yang berhasil anda panen sebanyak 900 ekor : 8 = 112 kg.

Dengan asumsi harga per kilonya Rp 15.000, uang yang bisa anda hasilkan adalah Rp 15.000 x 112 kg = 1,680,000. Keuntungan yang anda peroleh jauh lebih besar dari modal awal. Bayangkan saja jika anda budidaya sebanyak 5000 ekor. Tentu penghasilan anda bisa lebih banyak lagi.

6. Membuka Warung Kopi

warung kopi

Membuka warung kopi disini bukanlah sebuah kafe tempat tongkrongan karena modal anda kurang dari 1 juta. Cobalah untuk membuka warung kopi kecil-kecilan berupa lesehan. Anda pasti tahu, kopi menjadi minuman yang sudah seperti tradisi di Indonesia mulai dari kalangan atas sampai ke bawah. Bahkan sampai ada yang bilang bahwa “kalau belum ngopi rasanya kurang lengkap”.

Karena modal yang masih minim, untuk sementara peralatan seperti kompor, gelas, tempat rebus air, sendok dan lainnya bisa gunakan dulu yang ada dirumah. Sehingga modalnya bisa anda gunakan untuk membeli keperluan lain. Salah satunya spanduk untuk menunjukkan kepada orang yang lewat bahwa anda memang jualan kopi. Selain itu, lengkapi warung kopi anda dengan berbagai macam cemilan sebagai perlengkapan orang-orang yang sedang menikmati kopi.

7. Jasa Menulis Freelance

Jasa Menulis Freelance

Saat ini menulis secara freelance dapat menhasilkan uang yang tidak sedikit. Anda dapat menawarkan jasa menulis artikel yang menarik untuk blog atau dari perusahaan dengan bayaran yang menarik. Anda bisa mendapatkan pekerjaan menulis secara freelance tersebut dari Freelancer.com, Sribulancer.com, Upword.com dan berbagai marketplace freelance lainnya.

Untuk memlulai bisnis ini anda memerlukan laptop, anda cukup membeli laptop bekas yang harganya dibawah 1 juta. Dengan modal sambungan internet dan laptop tersebut anda bisa mulai menawarkan jasa menulis anda secara online dan bekerja dari manapun anda bersedia.

Modal Kecil bukan halangan bagi anda yang ingin membuka usaha. Anda hanya perlu usaha dan punya kemauan untuk membuka usaha sendiri. Cobalah salah satu dari beberapa peluang usaha modal 1 juta diatas untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik lagi.

Mungkin Anda juga menyukai