8 Ciri Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Ibisnis.net – Sukses menjadi pengusaha itu memang tidak mudah dan membutuhkan usaha keras. Saat ini, kekuatan seorang entrepreneur terletak pada pendidikan dan pengetahuan. Menjadi sibuk bukanlah sebuah alasan untuk berhenti belajar dan kamu tidak akan pernah menjadi seorang pengusaha sejati tanpa menggali ilmu.

Sebuah bisnis yang sukses tentu tidak lepas dari bagaimana seseorang yang menjalankannya memberi seluruh hidupnya untuk bisnis tersebut. Untuk itu, berikut ini beberapa ciri yang dibutuhkan untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dalam menjalankan Bisnis Online Indonesia.

8 Ciri Yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Seorang Pengusaha Sukses

1. Percaya pada diri sendiri

percaya diri

Kepercayaan adalah salah satu hal yang mutlak harus anda miliki. Anda harus percaya pada diri sendiri, pada perusahaan anda, pada ide Anda. Tidak peduli dengan apa yang orang lain katakan, tidak usah peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentang anda atau ide anda, tidak peduli apa yang terjadi. Bahkan jika tidak ada yang percaya pada anda, anda tetap memiliki kewajiban untuk tetap percaya pada diri sendiri. Mungkin tidak ada yang melihatlah, mungkin mereka benar-benar berpikir ide anda gila. Tapi hanya dengan percaya diri anda dapat membuat ide-ide tersebut menjadi kenyataan. Semua yang anda lakukan adalah untuk mewujudkan apa yang anda inginkan. Pada akhirnya orang-orang yang pernah mencemooh ide anda akan mengucapkan selamat atas kesuksesaan anda.

2. Memiliki satu tujuan

Fokus dalam menjalankan usaha juga sangat penting, jika satu tujuan saja belum selesai dan beralih ke tujuan lainnya maka tujuan awal tidak akan pernah tercapai. Oleh karena itu memiliki satu tujuan yang dikejar hingga sukses sangat diharuskan. Banyak pemula yang hanya berpindah-pindah usaha tidak sesuai passion yang dimilikinya. Sehingga yang didapatkan adalah gagal dalam fokus dan berpindah-pindah mencoba terus sesuatu yang baru dan bahkan tidak diketahui sama sekali peluangnya.

3. Memiliki semangat besar dan kesungguhan

Wirausaha yang akan sukses pasti selalu memiliki semangat yang tidak pernah padam, semangatnya tidak diawal-awal saja, namun semangat dan kesungguhan harus ada dalam proses kesuksesan. Semangat yang membara adalah kunci utama agar seseorang mampu bangun saat terjatuh serta mampu optimis dapat mengalahkan kemalasan dan sifat mudah menyerah dalam dirinya. Sehingga dia harus yakin bahwa segala sesuatunya akan pasti sukses dan tidak hanya mengeluh keadaan sulit yang sedang dialami saat ini.

4. Jadilah sosok yang proaktif

orang yang proaktif

Setiap orang pastinya memiliki ide yang unik dan menarik, namun hanya sebagian kecil yang akan merealisasikannya.

Orang yang proaktif cenderung untuk mengambil inisiatif. Saat tidak ada peluang, mereka berfikir untuk tidak menyerah namun mencari atau bahkan membuat peluang baru.

Kebalikan dari Proaktif adalah orang yang reaktif, dengan karakteristik hanya menunggu sesuatu untuk terjadi tanpa melakukan apapun. Mereka akan selalu bertindak hanya sebagai reaksi dari aksi orang lain. Saat tidak adanya peluang, orang reaktif hanya menunggu sampai ada peluang baru.

5. Memiliki rasa yang tidak mudah puas

Misal saja anda seorang pengusaha kue maka alangkah baiknya tidak puas dengan rasa kue yang dihasilkan, pastikan selalu aktif dan selalu akan memberikan rasa yang enak. Kunci ingin selalu berusaha lebih baik dari sebelumnya adalah salah satu ciri seorang wirausaha sukses nantinya. Dimana dia tidak cepat puas hanya dengan apa yang sudah dimilikinya saat ini, namun baginya masih ada target yang akan dikejar demi mendapatkan suatu eksperimen yang lebih fresh dan baru lagi.

6. Belajar dari orang lain

Setiap pola pikir akan mempengaruhi cara Anda berpikir, kemudian juga berujung pada bagaimana cara Anda bertindak. Tanpa dimulai dengan pola pikir yang baik, selamanya Anda tidak akan bisa melihat peluang di sekitar Anda. Hanya menerapkan pola pikir pengusaha sukses, persepsi Anda terhadap dunia akan berubah total.

Setelah Anda menerapkan pola pikir pengusaha sukses, Anda akan menyadari bahwa terdapat sangat banyak peluang kesuksesan di sekitar Anda. Bahkan Anda dapat melihat peluang yang tidak Anda sadari sebelumnya.

Jangan pernah takut untuk melihat dan belajar dari orang lain, yang sudah terlebih dahulu menjalani proses pembelajarannya dan berhasil mengenyam kesuksesasan.

7. Mampu menghargai pendapat dari orang lain

Pendapat orang lain harus ditampung dan didengarkan, jika pendapat tersebut masuk akal maka bisa dilakukan, dengan menerima saran bisa saja wirausaha anda bisa berjalan dengan baik dan sukses. Mendengar dan mau mengambil suatu kesimpulan dari orang dan bawaan adalah ciri seorang wirausahawan yang sukses. Sebab dia mau menghargai dengan mendengarkan pendapat orang lain yang sebenarnya dapat membantu memunculkan suatu peluang atau ide-ide yang lebih menarik bagi usahanya.

8. Memiliki sifat sabar

Dengan adanya sifat sabar ini maka mampu melayani pelanggan dengan baik, selain itu jika ada masalah dalam usaha anda maka bisa mencari solusi dengan kepala dingin. Tidak cepat mengambil kesimpulan jangka pendek, namun dia mampu mengambil kesimpulan dengan kepala dingin apa yang tengah dialaminya saat ini. Sehingga usahanya akan dapat melaju pesat sehingga dengan kesabarannya dalam membangun dan merintis usahanya dari nol dengan penuh kesabaran dan mengerti akan arti sebuah proses.

9. Berani mengambil risiko

Seorang pengusaha sukses tidak akan berdiam diri dan menunggu uang datang begitu saja. Mereka bekerja keras dan berani mengambil risiko demi mengembangkan kekayaannya.

Kesuksesan baru bisa diperoleh saat Anda menemukan bagaimana cara agar kesuksesan tersebut bisa dilipat gandakan. Dengan kata lain Anda sedang melangkah ke depan, bukan hanya berjalan di tempat.

Namun Anda harus ingat bahwa mengambil risiko bukan berarti Anda melangkah dengan buta, namun mengalkulasikan risiko dan peluang yang ada untuk memajukan bisnis atau usaha yang Anda jalani.

10. Memahami apa mau konsumen

Keinginan dari konsumen berbeda-beda. Oleh karena itu, pahami apa yang diinginkan oleh konsumen kamu saat itu juga. Terkadang, jika kamu berhasil mengetahui apa yang paling dicari konsumen, kamu bisa memancing mereka untuk melakukan beragam pembelian lanjutan.

Itulah 10 ciri sikap yang akan menentukan apakah kamu akan menjadi calon pengusaha sukses. Meskipun demikian, setiap ciri-ciri pada diri seseorang itu berbeda, namun 10 ciri-ciri ini bisa bermanfaat jika kamu mau mengembangkannya. Dan yang penting, tetaplah selalu berfikiran positif dengan apa yang akan kamu hadapi.

Mungkin Anda juga menyukai