8 Jenis Usaha Kuliner Paling Laku dan Menjanjikan di Indonesia

Ibisnis.net – Berbicara tetang usaha kuliner sepertinya sudah sering banget kita dengar ya? karena kuliner merupakan salah satu usaha yang bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan banyak dan cukup mudah untuk dijalankan. Alasannya karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar manusia. Tak hanya itu saja, kini banyak orang-orang yang suka makan dan hobi mencoba makanan-makanan baru. Itulah yang menjadikan jenis usaha kuliner termasuk usaha yang seolah tak pernah lekang oleh waktu.

Jadi usaha kuliner apa yang sedang laris saat ini di Indonesia? Pastinya kamu tahu bahwa Indonesia selain dikenal dengan keragaman budaya juga dikenal karena keragaman kuliner yang tersedia di setiap daerahnya. Namun makanan apa yang sekiranya laris dan laku keras di kalangan masyarakat Indonesia ini, sebab tidak semua masakan memiliki peluang yang menjanjikan.

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut berikut ini kami akan mengulas beberapa jenis usaha kuliner yang paling laku dan menjanjikan keuntungan yang lumayan yang bisa Anda coba jalankan.

Jenis Usaha Kuliner Paling Laku dan Menjanjikan di Indonesia

1.Seblak

Seblak merupakan jenis usaha kuliner yang saat ini sedang populer di seluruh kota Indonesia. Maybe karena rasa gurih dan pedas yang menjadi satu di dalam kerupuk basah yang menjadi bahan utamanya, serta campuran bakso, makaroni, mie dan sayur semakin menambah lengkap cita rasa makanan satu ini.

Apalagi seblak kini sudah memiliki berbagai macam varian dan ciri khas tersendiri seperti seblak jeletet, seblak oces, seblak thejhenghar, seblak abdul, dan lainnya.

Jika Anda ingin mencoba peluang usaha kuliner yang banyak diminati di masa kini maka seblak ini adalah pilihan yang sangat tepat.

2. Jajanan Tahu Goreng

Diantara semua gorengan tahu bisa dibilang sebagai makanan paling laris untuk dijual karena dapat menjangkau semua orang. Semua kalangan masyarakat pasti pernah makan tahu, mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa. Bahkan bisa dibilang jajanan tahu merupakan salah satu makanan paling laris di kantin sekolah.

Untuk menjual tahu goreng, tentunya Anda harus membuat keunikan dibanding tahu yang dijual dipinggir pasar. Misalnya Anda menjual tahu bulat rasa keju atau tahu pedas yang khas.

Usaha ini bisa dilakukan dirumah maupun dengan membuka toko atau tenda berjualan. Modal yang dibutuhkan mencakup perlengkapan masak seperti kompor, wajan, gas, pisau beserta dengan bahan pembuatannya seperti tahu, cabe, minyak goreng, bawang putih dan gula.

3. Martabak Mini

Jika kamu pernah makan martabak telor dan terang bulan, maka kini sudah tersedia martabak mini yang sangat unik dan memiliki varian rasa lebih banyak serta lebih gurih dibandingkan dengan martabak berukuran jumbo.

Terbukti dari awal kemunculannya hingga sekarang martabak mini langsung menjadi tren dan menjadi salah satu makanan yang paling banyak di buru oleh semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa.

Jadi, jika kamu sedang mencari peluang usaha kuliner yang menjanjikan, maka martabak mini ini bisa menjadi jenis usaha kuliner buat kamu.

4. Burger

Burger adalah salah satu makanan yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Makanan ini mudah ditemukan di berbagai tempat seperti mall, cafe, hingga stand kecil.

Burger merupakan roti yang berbentuk bulat yang diisi dengan berbagai jenis bahan makanan lainnya seperti daging, sayuran, bawang, saos, dan keju. Ada juga orang yang membuat variasi isi burger sesuai dengan selera mereka.

Bisnis kuliner berjualan kuliner termasuk jenis usaha kuliner yang paling laris saat ini. Jadi, tidak perlu heran jika melihat banyaknya bisnis makanan yang menjual burger saat ini karena memang banyak peminatnya di Indonesia.

5. Cireng

Makanan khas bandung satu ini mempunyai peminat yang cukup masif, yaitu cireng. Sekilas kalau melihat cireng bentuknya mirip seperti pempek atau pangsit. Walaupun cireng berasal dari Bandung tapi juga bisa ditemukan diberbagai kota.

Cireng memiliki varian isi yang rasanya enak, mulai dari olahan ayam, daging sapi, hingga keju. Cireng adalah kuliner yang proses pembuatannya dengan cara digoreng. Dengan harga yang terjangkau, cireng bisa menjadi salah satu jenis usaha kuliner yang menjanjikan untuk kamu jalankan.

6. Roti Bakar

Roti bakar merupakan makanan yang mudah ditemukan di pinggir jalan, alun-alun, taman kota, bahkan cafe, rasanya yang gurih serta nikmat, apalagi jika dicampur dengan mentega dan aneka selei. Maka tak heran jika roti bakar ini banyak menjadi pilihan untuk kamu yang sedang bersantai dan berkumpul bersama teman atau keluarga.

Apalagi untuk memulai usaha ini tidak diperlukan modal besar, dan cara membuatnya, maka jika sahabat ingin usaha kuliner, bisa mengembangkan usaha roti bakar ini.

7. Singkong Keju

Kuliner singkong merupakan salah satu jenis usaha kuliner yang paling laku saat ini. Makanan dari hasil olahan singking ini ternyata sangat disukai sebagian besar masyarakat Indonesia lho.

Tidak pada umumnya, mengolah singkong keju ini membutuhkan pengetahuan dan keahlian dalam meracik resep khusus. Terdapat beberapa langkah pengolahan singkong yang harus dilakukan untuk mendapatkan kualitas rasa singkong keju yang enak dan gurih.

Pertama, singkong dikukus terlebih dahulu sampai lembut, biasanya air untuk mengkukus dicampur dengan rempat untuk menambah rasa. Kemudian, singkong digoreng dan dihidangkan bersama dengan keju atau hiasan lain.

8. Bakso

Bagi kamu pecinta kuliner, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bakso. Makanan yang berbahan dasar terigu dan daging ini ini masuk dalam usaha kuliner paling laku di Indonesia. Di setiap daerah khususnya komplek perumahan atau pusat perbelanjaan pasti sangat mudah menemukan bakso ini.

Harga yang dibandrol dari bakso sendiri sangatlah bervariasi dari Rp 8.000 hingga Rp 25.000. Bakso pun tidak disantap sendiri karena lebih enak disantap menggunakan mie, bihun, soun, sayuran, tahu, siomay, dengan dressing saus, kecap, dan sambal.

Kini usaha kuliner bakso pun masih sangat diminati dari mulai kalangan bahwa maupun atas bisa menikmati bakso dengan sajian yang berbeda-beda.

Jika Anda ingin membuka usaha kuliner ini, jangan lupa untuk memperhatikan target pasar dan juga marketingnya. Mengingat, bakso ini sudah cukup banyak yang menjualnya.

Usaha kuliner ini bisa dikatakan sebagai usaha yang susah dan gampang melakukannya. Selain menjadi kebutuhan utama, kuliner ini tak bisa dengan sekejap dapat diterima. Karena setiap orang sudah memiliki pelanggan sendiri yang cocok dengan lidahnya.

Namun, dengan kondisi tersebut bisa dijadikan sebuah tantangan dengan mengupayakan teknik marketing yang baik serta kekinian. Karena setiap usaha pasti ada hasil yang memuaskan bila dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Mungkin Anda juga menyukai