8 Peluang Usaha di bidang Otomotif Ini Bisa Bikin Kamu Kaya Raya

Ibisnis.net Dunia otomotif merupakan salah satu bidang yang banyak di sukai terutama pria, banyak diantaranya masyarakat yang memiliki ketertarikan kepada bidang ini, baik itu kepada kendaraan roda dua maupun roda empat. Perkembangan teknologi otomotif yang selalu muncul juga menjadi semakin menarik untuk diikuti, membuatnya potensi berbisnis di bidang ini selalu bisa menjadikan keuntungan.

Bagi Anda yang memiliki hobi di bidang otomotif, akan sangat berarti jika hobinya bisa disalurkan menjadi sebuah bisnis. Biasanya sebuah bisnis yang dibangun berdasarkan hobi lebih bisa berpeluang untuk sukses kedepannya, pengguna kendaraan di Indonesia yang semakin bertambah setiap tahunnya, bisa menyediakan jumlah calon konsumen yang semakin besar.

Sebagai referensi anda untuk ketertarikan menjalankan bisnis di bidang otomotif di tahun 2018 atau 2019 nanti. Berikut ini merupakan beberapa peluang usaha yang bisa anda coba.

8 Peluang Usaha di Bidang Otomotif

1. Usaha Bengkel Motor atau Mobil

Membuka usaha bengkel merupakan peluang emas untuk anda yang punya keahlian tersebut. Karena sekarang ini sudah banyak orang yang memiliki kendaraan pribadi. Tentu kendaraan tersebut akan mengalami kerusakan dan juga membutuhkan perawatan. Walaupun kendaraan dibiarkan di rumah, kendaraan tersebut pastinya juga membutuhkan service. Dan dari sekian banyaknya pengguna motor atau mobil tersebut, banyak yang tidak punya keahlian untuk memperbaikinya sendiri.

Sehingga mereka pasti akan menggunakan jasa dari sebuah bengkel motor atau mobil. Nah, di sini kesempatan anda untuk menawarkan jasa sekaligus membantu mereka.

Masalahnya, saat ini bengkel tersebut sudah banyak di lapangan, oleh sebab itu anda harus punya suatu kelebihan atau sesuatu yang berbeda dibandingkan bengkel yang lain. Misalnya saja anda memberikan masa garansi pekerjaan,a tau jika biaya yang dikeluarkan melebihi Rp.500.000, akan mendapatkan discont.

Selain itu, lokasi usaha yang strategis juga harus anda perhatikan. Di pinggir jalan yang banyak dilalui oleh banyak kendaraan adalah tempat yang cocok untuk membuka bengkel.

2. Toko Aksesoris

toko aksesoris

Bagi pengguna kendaraan baik itu motor maupun mobil, aksesoris menjadi perlengkapan yang bisa menambah nilai lebih kepada kendaraan yang digunakannya, baik itu untuk tampilan ataupun fungsinya. Apalagi kendaraan milik wanita, pastinya menginginkan aksesoris untuk kendaraannya agar terlihat lebih menarik.

Barang-barang seperti knalpot ban velg, perangkat audio, alarm, bantal, kaca film dan banyak lagi, akan selalu selalu dibutuhkan banyak orang. Belum lagi banyak para penghobi modifikasi yang senang mengupgrade tampilan kendaraanya, jika anda menjadi salah satunya, memilih bisnis toko aksesoris lebih bisa memberikan masukan kepada calon konsumen nantinya.

3. Usaha Rental Mobil

usaha rental mobil

Usaha satu ini cukup menguntungkan, namun juga memerlukan modal yang cukup besar. Paling tidak Anda harus mempunyai 1 unit mobil, karena tidak mungkin anda membuka usaha rental mobil padahal tidak mempunyai kendaraannya.

Satu unit mobil yang disewakan dalam 24 jam sekitar Rp.500.000 sampai Rp.800.000, tergantung dari jenis mobilnya juga, tergantung dari jenis mobilnya juga. Semakin bagus mobilnya, maka semakin tinggi juga harga sewanya. Sangat menguntungkan bukan?

Dalam mengelola usaha rental mobil, target anda tentunya orang-orang yang sering berpergian namum tidak memiliki kendaraan sendiri. Atau anda juga bisa menyewakan kepada seorang yang punya keahlian sopir untuk bekerja sebagai driver GrabCar atau Go-Car, yaitu aplikasi online penyediaan jasa transportasi yang ramai saat ini.

4. Membuka Usaha Cuci Motor/Mobil

Membuka usaha cuci motor/mobil juga sangat menguntungkan, apalagi pada saat musim hujan dapa dipastikan akan ada banyak kendaraan kotor akibat terkena air jalanan yang kotor. Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan bagi pemilik usaha cuci mobil dan motor, karena akan ada banyak kendaraan yang mampir untuk menggunakan layanan yang ditawarkan.

Oleh karena itu, Anda bisa membuka usaha cuci mobil ataupun motor. Dijamin usaha anda akan sukses, pasalnya prospeknya juga cukup cerah dan sangat menjanjikan.

5. Jual Beli Kendaraan Bekas

Pasar barang otomotif berupa motor atau mobil bekas selalu tidak pernah sepi dari peminatnya. Banyak sekali masyarakat yang memburu kendaraan bekas, karena ini menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang membutuhkan kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kendaraan baru.

Untuk berbisnis jual beli kendaraan bekas tidak harus memiliki showroom. Anda yang memiliki modal kecil dan belum bisa membangun atau menyediakan tempat berjualan khusus pun bisa ikut mengambil bagian, meski hanya menjajakan beberapa unit kendaraan di halaman rumah, ataupun hanya mencari komisi dari hasil menjadi perantara yang mempertemukan antar penjual dengan pembeli.

6. Usaha Tambal Ban dan Pompa Angin

Bagi anda yang belum memiliki modal untuk membuka bengkel mobil atau motor, Anda bisa membuka usaha dibidang otomotif yang juga menguntungkan yaitu Usaha tambal ban dan pompa angin. Selain mudah, usaha satu ini juga tidak memerlukan modal yang cukup besar dan keuntungan yang anda dapat dari usaha ini bisa anda tabung untuk membuka usaha seperti bengkel motor atau mobil nantinya.

7. Servis Auto Detailing

Membuka usaha servis auto detailing juga sangat menguntungkan dalam dunia otomotif. Mungkin sebagian dari kalian masih kurang mengerti tentang service auto detailing. Detailing itu sama dengan polse mobil. Tujuannya cuma satu, yaitu bikin kinclong kendaraan.

Auto detailing adalah proses yang meliputi dari pembersihan, polishing, dan waxing mobil. Pembersihan dilakukan di bagian luar dan dalam, termasuk mesin dan bagian bawah kendaraan. Auto detailing biasanya digunakan oleh mobil bekas yang akan dijual kembali, dimana akan menaikkan nilai dan penampilkan kepada kepada calon pembeli.

8. Usaha Mendaur Ulang Helm Bekas

Mendaur ulang helm bekas untuk dijadikan seperti baru lagi tentu sebuah kreatifitas yang bisa menghasilkan uang. Walaupun harga barunya relatif murah, peminat helm bekas cukup banyak di pasaran.

Apalagi helm bekas tadi disulap menjadi lebih unik, pasti hal tersebut akan semakin menarik calon pembeli untuk melirik hasil produksi anda. Misalnya, adna menambahkan hiasan, atau pernak pernik agar helm bekas tadi menjadi lebih cantik. Namun jangan sampai hal ini keluar dari fungsi utama dari helm tersebut.

Nah, bagaimana dengan peluang usaha di bidang otomotif diatas? Apakah anda sudah menemukan usaha yang tepat dan cocok untuk anda? Jika sudah, tunggu apalagi lakukan tindakan sekarang juga atau action sekarang juga. Dan jadilah pengusaha sukses. Sekian artikel tentan 8 peluang usaha di bidang otomotif yang menguntungkan, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai