8 Tips Cerdas Berjualan di Instagram Untuk Pemula

Ibisnis.net – Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan utama semua orang dalam beraktivitas. Selain untuk mencari informasi, nonton youtube, bernarsis ria lewat sosial media, chatingan, Internet juga bisa dijadikan sebagai lahan mencari penghasilan seperti instagram, facebook, twitter dan lain sebagainya.

Cara untuk mendapatkan penghasilan di Internet pun beragam. Ada yang menjadi seorang youtuber dengan membuat konten beragam dan menarik. Ada yang menjadi seorang blogger dengan mengandalkan kemampuan menulis untuk mendapatkan uang dari internet. Ada juga yang menjadi seorang pengusaha dengan memanfaatkan media sosial.

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan untuk berjualan yaitu Instagram. Seperti yang kita ketahui bahwa Instagram merupakan media sosial yang memfasilitasi penggunanya untuk berbagi foto terbaik yang mereka miliki. berikut ini tips cerdas berjualan online di Instagram untuk pemula atau mereka yang baru ingin merintis usaha jualan online lewat Instagram.

Langkah Berjualan di Instagram Agar Laris

1. Membuat Akun Instagram Khusus Jualan

Hal pertama untuk promosi di Instagram, tentunya adalah membuat akun. Untuk membuat akun yang nantinya akan anda jadikan tempat promosi, tidak hanya sekedar untuk main-main, maka Anda perlu membuatnya dengan tepat. Buatlah akun yang memiliki kesesuaian dengan produk Anda nantinya. Untuk yang memulai bisnis di rana instagram, sebaiknya Anda gunakan namaa dengan kata kunci yang sesuai dengan produk. Sehingga nantinya akun Anda akan lebih mudah ditemukan jika ada yang melakukan pencarian seputar produk.

Ketika orang ingin mencari atau membeli sesuatu, mereka tidak akan mencari dengan menggunakan kata kuncu nama toko, atau kata seperti “shop”, “store” dan sebagainya. Melainkan dengan menggunakan nama produk. Misalnya baju, handphone, laptop dll. Biasanya pembeli akan menambahkan kata “murah”, “enak”, “aman” dan sebagainya.

Sehingga Anda harus pandai membuat nama akun di instagram, agar nantinya akun Anda mudah ditemukan oleh para konsumen yang mencari produk yang Anda jual. Karena itu untuk awal merintis, jangan mementingkan nama toko yang aneh-aneh dulu, tapi fokuslah untuk membangun pasar lebih dulu.

2. Mencari Follower yang Banyak

Setelah membuat akun, langkah selanjutnya ialah mencari followers yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Misalnya, Anda menjual Baju. Maka target followers Anda orang-orang yang suka berbelanja baju.

Untuk mencari orang yang minat terhadap produk Anda, bisa dengan mencarinya di akun komunitas penjual baju yang sekiranya memang minat terhadap dunia literasi. Bagi Anda yang menjual makanan, bisa mencarinya di akun yang berhubungan dengan dunia kuliner. Begitu pula untuk penjualan lain bisa disesuaikan akun penjualan Anda.

Tujuan mencari follower dari komunitas tersebut agar Anda tidak buang-buang waktu dan tenaga terhadap followers yang tidak menyukai akun Anda. Bila ingin memfollow mereka pun memiliki sebuah strategi sendiri agar pihak Instagram tidak memblokir akun Anda. Oleh karena itu, dalam setiap jam Anda hanya bisa memfollow 30 orang saja. Dan idealnya dalam sehari Anda bisa memfollow 150-200 orang yang dibagi dalam lima waktu.

Setelah akun yang Anda inginkan tercapai, misalnya 100 ribu followers lebih baik jika akun Anda diprivate. Hal ini untuk mengundang followers lain semakin penasaran dengan produk yang Anda jual.

3. Upload Foto dan Video yang Menarik

Upload-lah foto produk jualan Anda yang menarik. Untuk mengupload foto sebaiknya harus memperhatikan tentang kejelasan dari gambar agar tidak menimbulkan persepsi yang berbeda. Selain jelas produk yang ditampilkan pun harus detail. Selain gambar yang jelas, Anda harus bisa menampilkan caption tulisan yang memuat segala informasi tentang produk tersebut.

Ada baiknya, Anda menggunakan kata-kata promosi yang menarik secara singkat, padat, dan jelas. Saat ingin mengupload foto ke akun Instagram, sebaiknya dilakukan pada jam-jam yang paling banyak membuka sosial media. Yaitu di jam 08.00 – 09.00, kemudian jam istirahat kerja 12.00 – 13.00, jam sebelum pulang kantor 16.00 – 17.00 dan jam menjelang istirahat 20.00 – 21.00.

Mengupload foto di jam-jam tersebut bisa meningkatkan penjualan dikarenakan banyaknya orang yang sedang bersantai dan ingin menggunakan media sosial.

4. Jangan Abaikan Hashtag (#)

Hashtag atau tanda pagar (#) biasa ditemukan di media sosial, termasuk Instagram. Umumnya seseorang melakukan pencarian salah satunya dengan memanfaatkan hashtag tersebut. Memakai hashtage bisa membuat orang lain mengetahui produk yang Anda jual.

5. Bersosialisasilah Dengan Pelanggan

Melakukan sosialisasi atau berbaur dengan pelanggan dan follower Anda adalah hal yang paling penting. Karena dengan cara ini Anda bisa membangun kedekatan dengan mereka, dan hal ini adalah yang paling penting untuk pemasaran. Kedekatan yang Anda bangun secara langsung akan menimbulkan rasa percaya dari konsumen kepada Anda. Dan jika konsumen percaya, maka kemungkinan terjadi penjualan sangat tinggi.

6. Upload Testimoni Dari Pelanggan

Langkah selanjutnya adalah mengupload testimoni dari pelanggan Anda. Hal ini bertujuan demi meningkatkan kepercayaan calon konsumen kepada produk jualan Anda. Biasanya testimoni tersebut didapat dari komunikasi Ana lewat SMS, BBM, WhatsApp, pesan masuk di Instagram dan lainnya. Anda bisa melakukan Screen shoot testimoni tersebut dan menguploadnya di Instagram.

Namun, kektika Anda hendak menguploadnya jangan lupa untuk menyamarkan nama ataupun percakapan lain yang tidak seharusnya dipajang. Hal ini untuk menjaga privasi dari konsumen Anda. Selain mengupload testimoni, bisa pula dengan memajang resi pengiriman atau ketika barang sudah dipacking dan mau untuk dikirimkan.

Cara ini bisa mengundang kepercayaan dari calon konsumen. Setelah itu bisa jadi banyak orang yang akan membeli produk Anda.

7. Lakukan Endorse

Maraknya pengguna Instagram dari mulai kalangan artis, pejabat, hingga tokoh lokal menjadikan kesempatan emas bagi pelaku usaha bisnis untuk bekerja sama dengan mereka. Kebanyakan followers mereka, membuka kesempatan bagi penjual untuk melakukan endorse.

Cara ini merupakan salah satu langkah untuk bisa menambah followers pada akun Anda. Selain itu juga bisa membuat akun Anda dilirik oleh orang-orang sehingga mereka tertarik untuk membeli produk. Untuk menghubungi para selebgram atau akun yang memiliki jumlah followers banyak tergolong mudah. Biasa mereka akan memasang nomor kontak di profil akun mereka.

Harga yang dikeluarkan biasanya bergantung pada jumlah, jenis, dan banyaknya followers. Sehingga siapapun dapat melakukan hal tersebut sesuai dengan budget yang dimilikinya.

8. Tawarkan Promosi

Dengan menawarkan promosi, misalkan diskon atau potongan harga, pelanggan diharapkan tertarik membeli. Jangan lupa sertakan nomor kontak atau e-mail agar memudahkan pelanggan menghubungi Anda.

Demikianlah informasi mengenai tips jualan di Instagram. Sosial media ini terbukti sedang naik daun dan digandrungi oleh anak remaja, dewasa, maupun orang tua. Karena begitu potensial, banyak orang yang beralih menggunakannya sebagai lahan mencari rezeki.

Mungkin Anda juga menyukai