9 Karakteristik Umum Pebisnis Muda yang Bakal Sukses

Ibisnis.net – Menjadi Pebisnis Muda Sukses pastinya sudah menjadi impian semua orang. Bakat dari seseorang dalam berbisnis tidak tiba-tiba muncul begitu saja. Mampu menjalankan suatu usaha berhubungan dengan kebiasaan seseorang di dalam hidup, seperti tanggung jawabnya terhadap orang tua saudara, atau wilayah tempat tinggal mereka, dan hubungan dengan teman.

Pada dasarnya setiap orang pasti memiliki karakteristik tersendiri agar bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses. Akan tetapi untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam membangun bisnis pastinya juga memerlukan usaha dan niat yang kuat. Tidak mudah untuk seseorang membuat usahanya menjadi sukses, apalagi untuk pengusaha baru. Karakteristik yang dimiliki oleh pengusaha sukses tidak bisa dibentuk dengan mudah. Ada yang memang terbentuk secara alami, ada juga yang dibentuk melalui proses yang panjang dengan cara belajar. Untuk menjadi pebisnis yang sukses pasti banyak yang harus dipelajari.

Pengusaha sukses biasanya memiliki karakteristik yang sama. Terlepas dari apa yang mereka perdagangkan atau peran mereka. Kerja keras disertai dengan karakter yang baik, membuat seorang pebisnis dapat bertahan dalam kesuksesannya. Untuk itu, karakter dalam sebuah bisnis sangatlah penting. Sebab faktor kesuksesan dalam berbisnis tidak hanya dipengaruhi oleh modal, pemasaran, promosi, serta kharisma sang pemilik usaha.

Apakah kamu salah satu orang yang merasa sudah mampu untuk menjadi pengusaha sukses?. Anda bisa menilai sendiri dengan memperhatikan 15 contoh karateristik yang dimiliki pebisnis muda yang sukses.

1. Pemberani

Keberanian ialah karakter utama yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha sejati. Keberanian membuat seorang pengusaha mantap dalam melangkah dan menghadapi kesulitan, sehingga bisa terus maju dan melakukan sesuatu yang brarti untuk bisnisnya.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin maju dan menjadi seseorang pebisnis yang sukses, jadilah sosok pengusaha yang punya keberanian dalam kepemimpinannya.

2. Percaya Diri

Percaya diri memiliki banyak sekali peranan bagi seorang pengusaha. Ciri-ciri Pebisnis yang percaya diri tidak akan merasa minder saat berhadapan dengan orang lain terutama yang lebih sukses darinya. Dia yakin akan kemampuannya dan tetap menjadi diri sendiri. Bahkan saat sedang diremehkan, dia tetap yakin untuk melangkah sesuai dengan visi dan misinya.

3. Disiplin

Disiplin merupakan salah satu cara untuk bisa menjadi orang yang sukses. Kedisiplinan dalam merintis dan menjalankan sebuah usaha, adalah modal dasar yang harus dimiliki setiap calon wirausahawan. Dengan modal disiplin seorang wirausahawan mempunyai prinsip yang kuat dalam bekerja. Dia patuh dan selalu berupaya menjalankan bisnisnya sesuai dengan target dan selalu menghargai waktu serta konsisten mengerjakan tugasnya sesuai rencana. Kedisiplinan adalah tanda bahwa seseorang bekerja secara profesional.

4. Kemampuan Untuk Mengambil Tanggung Jawab

Pengusaha sukses dikenal berani mengambil tanggung jawab dari tindakan dan keputusan mereka dalam menghadapi kegagalan. Mereka tidak menyalahkan karyawan mereka, sebaiknya mereka mengambil ahli, memperbaiki kesalahan bisnis mereka dan melanjutkan.

Keberanian dalam mengambil risiko merupakan salah satu ciri orang-orang yang akan mencapai kesuksesan di kemudian hari. Orang-orang sukses adalah orang yang tidak pernah berhenti mengasah kemampuan, mengambil tanggung jawab, berbuat baik untuk membantu orang lain. Berpikir dan bertindak demi keberhasilan, pada waktunya semua itu akan bermanfaat untuk diri dan keluarga.

Baca Juga : Cara memulai bisnis online yang menguntungkan untuk pemula

5. Lakukan apa yang Anda Sukai

Lakukan apa yang kamu suka maka kamu akan tetap hidup, kata kata tersebut adalah queote dari serial Anime yang populer yaitu Naruto. Kalian semua pasti tau lah serial Anime Naruto. Apa yang Anda dapatkan dari bisnis itu seperti bentuk kepuasan pribadi, keuntungan finansial, stabilitas dan kenikmatan akan menjadi jumlah apa yang Anda masukkan ke dalam bisnis Anda. Jadi, jika Anda tidak menikmati apa yang kamu lakukan, kemungkinan besar akan membuat anda sulit untuk mengerjakan apa yang anda tekuni, dan tentu saja akan berpengaruh pada keberhasilan berikutnya. Bahkan, jika Anda tidak menikmati apa yang sudah Anda lakukan, kemungkinan besar Anda tidak akan berhasil.

6. Perencanaan Kedepan

Sukses dalam berkarir identik dengan kesejahteraan. Dibutuhkan pengetahuan dan perencanaan karir yang tepat di masa depan agar kita bisa meraih kesuksesan seperti yang kita inginkan. Dalam dunia bisnis kita harus membuat perencanaan demi membantu anda mempertahankan daftar tujuan dan prestasi yang ingin anda raih. Tidak hanya itu, perencanaan bisnis akan membantu memastikan bahwa anda telah membangun kebiasaan sehat yang akan anda kembangkan, terapkan, serta menjaganya sepanjang perjalanan bisnis anda. Dengan bantuan dari perencanaan bisnis yang tepat, anda dapat dengan mudah menentukan tujuan anda dan bagaimana untuk mencapainya.

7. Pikirkan Kesuksesan

Setiap pengusaha sukses pastinya selalu bermimpi untuk menjadi sukses. Setiap kisah sukses dimulai dengan mimpi besar. Anda harus memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai. Tapi tidak berhenti di mimpi saja, Anda harus aktif memvisualkan kesuksesan dalam pikiran Anda bahwa Anda dapat merasakan dan menyentuhnya.

Seorang pengusaha sukses memiliki keterbukaan dan keyakinan bahwa dapat memiliki apa yang diinginkannya. Dalam ilmu manajemen sudah mengajarkan kekuatan visualisasi untuk melihat Anda dalam pikiran yang telah mencapai impian Anda. Contoh dalam kekuatan memvisualisasikan tujuan adalah jika Anda ingin menjadi penulis sukses, bayangkan diri Anda menandatangani buku dalam kerumunan orang yang meminta tanda tangan Anda. Teknik satu ini akan memperkuat tujuan Anda dan tetap segar dalam kesadaran Anda.

8. Mau Mendengar dan Menerima Kritikan

Sifat pengusaha sukses adalah mau mendengar bawahan, konsumen, hingga orang-orang terdekat. Kadang mereka memberikan pendapat hingga kritikan kepada pengusaha sukses dan si pengusaha sukses tidak tersinggung. namun tetap mendengar dan menyerap kritikan tersebut demi perbaikan dan pembelajaran.

Bersedia menerima kritikan berarti Anda rela mengakui kesalahan dan siap mempertanggungjawabkannya, baik kepada atasan maupun bawahan kamu. Bisnis yang akan kamu jalani tidak bersedia menerima kritikan, terutama dari pelanggan. Kesuksesan hanya bisa diperoleh dengan menyerap kritik tersebut.

9. Sederhana dan Rendah Hati

Sifat sederhana dan Rendah hati juga penting dimiliki oleh para pebisnis. Bakat seperti ini sepertinya tidak semua orang memilikinya, namun sebaiknya pebisnis sejati, adalah yang sederhana dan rendah hati. Pengusaha yang rendah hati mau mengakui keunggulan orang lain. Dia tidak segan mengapresiasi pencapaian orang lain. Bahkan ketika sedang di atas , dia tidak merasa sombong dan meremehkan orang lain. Hal ini membuatnya disukai dan disegani karena sikapnya membuat orang nyaman saat berada di sekitarnya.

Nah, apakah Anda memiliki karakteristik seperti di atas? Jika iya, maka bersyukurlah dan tetap konsisten memelihara sikap tersebut. Namun, jika anda yang tidak termasuk dalam kategori tersebut, jangan berkecil hati. Anda harus terus belajar untuk menjadi pebisnis muda yang bakal sukses.

Mungkin Anda juga menyukai