Alat Pemasaran Online yang Dibutuhkan Saat Memulai Bisnis

Ibisnis.net Pemasaran online adalah proses penjualan produk atau jasa dengan menggunakan media internet atau jaringan, artinya kegiatan pemasaran dilakukan secara elektronik melalui internet atau jaringan cyber.

Saat ini pemasaran online menjadi cara orang untuk berbisnis. Bagi banyak orang strategi ini adalah cara paling ampuh untuk menghadapi perkembangan zaman sekarang. Teknologi yang berkembang saat ini mengubah cara hidup orang, mulai dari belanja hingga berbisnis. Orang-orang sudah mulai mundur perlahan dari cara tradisional atau konvesional, khususnya untuk anak muda sekarang, lebih tertarik dengan dunia digital untuk bisnis mereka.

Nah, dalam postingan ini, kami akan berikan 10 alat pemasaran online yang bisa dipakai oleh pemasar digital untuk memulai bisnis Anda.

1. MailChimp

mailchimp

Mailchimp merupakan salah satu penyedia jasa email marketing diantara banyak jasa lainnya. Layanan ini sangat favorit bagi para blogger pemula dan usaha kecil.

Mengapa Harus MailChimp?

Karena MailChimp hanya satu tetapi banyak solusi penyedia jasa email marketing di luar sana.

  • Mailchimp gratisan sampai 2000 pelanggan di daftar email kamu dan 12.000 email
  • Mailchimp sudah dipercaya oleh lebih dari tujuh juta pengguna.
  • Mailchimp dapat diintegrasi dengan wordpress.
  • Mailchimp juga mudah digunakan dan memungkinkan kamu membuat template email HTML tanpa coding apapun.

2. HubSpot

Hubspot merupakan perusahaan Internet Marketing yang tidak sekedar menawarkan perangkat lunak aplikasi pemasaran, tetapi juga memberikan cara baru pemasar untuk mencapai pelanggannya.

HubsSpot bisa dibilang adalah perangkat lunak pemasaran all-in-one yang mana menyangkut :

  • Blogging
  • SEO
  • Media Sosial
  • Landing Page
  • Marketing Automation
  • E-Mail
  • Analytics

Dengan semua yang Anda butuhkan di satu tempat, setidaknya Anda dapat lebih diringankan dari segi manajemen marketing online Anda.

3. Trello

trello

Trello ialah aplikasi kolaborasi yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah proyek secara bersama-sama. Bagi mereka yang baru mengenal pemasaran konten, Trello mungkin terdengar seperti jejaring sosial, tapi sebenarnya bukan.

Anda bisa berbagi postingan di Trello sebelum mempublikasikannya. Ini memberi orang lain pada tim Anda kesempatan untuk meninjau pos, mempertimbangkan pemikiran mereka dan membuat perubahan yang dapat memperkuat bagian dari posting sebelum ditayangkan.

Dengan Trello, segala sesuatu yang berhubungan dengan strategi pemasaran online Anda dapat dibagi di tempat yang sama meskipun Anda dan team Anda berada di tempat yang berbeda. Anda dapat dengan cepat mengundang seluruh staf Anda, dan waktu dalam pemasaran Anda bisa lebih efisien.

4. Hootsuite

hotsuite

HootSuite adalah sebuah situs layanan manajemen konten yang menyediakan layanan media online yang juga terhubung dengan berbagai jejaring sosial lainnya, seperti : Facebook, Twitter, Linkedln, Foursquare, MySpace, dan WordPress.

Terdapat banyak fitur Hootsuite yang bisa menunjang pemasaran bisnis Anda, msialnya, Anda bisa :

Identifikasi influencer yang bisa ANda rekomendasikan ke tim pemasaran ANda dan tim penjualan Anda.
Balas komentar dan mention melalui dasbor.
Dan memungkinkan Anda mengirim pos dengan cepat ke semua jaringan sosial Anda termasuk akun Google+ perusahaan Anda.

5. Google Analytics

google analytics

Google Analytics ialah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics juga dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Tak sedikit yang menganggap Google Analytics semacam tools untuk mengetahui jumlah traffic saja, namun sebenarnya tools ini juga dapat berdampak besar pada strategi pemasaran Anda, jika Anda tahu banyak kegunaan dari tools ini.

Misalnya, kemampuan untuk melihat dari mana lalu lintas Web Anda berasal:

img

Dengan tools ini Anda bisa mendapat berbagai data mengenai lalu lintas di Website Anda, mengenai data pengunjung, dan lainnya.

6. Yoast SEO

Yoast SEO

Yoast SEO yaitu plugin yang cukup banyak digunakan oleh pemilik website, hal tersebut karena fitur SEO yang dimilikinya cukup lengkap. Jika WordPress adalah Content Management System (CMS) Anda, Anda bisa menginstall plugin Yoast SEO.

Search Engine Optimalization (SEO) atau optimalisasi mesin pencari adalah salah satu strategi pemasaran online di mana tujuan dari SEO ini adalah menempatkan konten/website Anda di page pertama di mesin pencarian.

Dan dengan tools ini, akan memastikan bahwa Anda membuat keputusan yang baik mengenai konten dan daya tariknya terhadap mesin telusur.

Beberapa fitus utama plugin ini di antaranya:

  • Dukungan XML Sitemap
  • URL Canonical
  • Pembuatan meta tags.
  • Secara otomatis memberi tahu mesin telusur utama, termasuk Google dan Bing, jika ada perubahan yang terjadi pada situs Anda.

7. Keywordtool.io

keywordtool.io

Keyword atau kata kunci, adalah hal penting dalam strategi pemasaran online Anda. Keyword digunakan untuk mencari tahu kata apa yang paling banyak dicari oleh pengguna mesin pencari. Dengan mengetahui kata kunci yang paling banyak dicari, Anda bisa membuat konten yang berkaintan dengan keyword tersebut.

Pencarian kata kunci bisa Anda lakukan dengan tools dari Google Adwords, untuk alternatif dan versi gratisnya, Anda bisa menggunakan keywordtool.io.

8. Facebook Page Insights

facebook page insight

Bagi Anda yang menargetkan pemasaran di platform Facebook, Anda bisa menggunakan tools Facebook Page Insight. Facebook Page Insight menyediakan informasi tentang kinerja Halaman, seperti data demografi tentang pemirsa Anda dan bagaimana orang-orang menanggapi kiriman Anda.

Anda dapat menggunakan Wawasan untuk :

  • Memahami cara orang berinteraksi dengan Halaman Anda
  • Tampilkan metrik tentang kinerja Halaman Anda
  • Mempelajari kiriman mana yang interaksinya tinggi dan melihat kapan pemirsa Anda di Facebook.

9. Google Page Insights

google page insight

Memiliki web yang berat tentu dapat mengurangi nilai User Experience pengunjung di website Anda. Dengan Google PageSpeed Insights, Anda bisa menilai dan melihat hasil analisis Google sehingga Anda dapat melakukan koreksi terhadap website Anda.

10. Google Webmaster

google webmaster

Ketika Anda ingin situs Anda terindeks oleh google, maka Anda bisa menggunakan tools ini untuk men-submit-nya. Dengan tools ini Anda juga bisa memantau perkembangan pengindeks-an website Anda, dan juga Anda bisa memerintahkan untuk menghapus indeks yang dilakukan Google terhadap situs Anda.

Demikianlah 10 alat pemasaran online yang dibutuhkan saat memulai bisnis. Masih banyak sebenarnya alat lainnya yang bisa Anda gunakan, tetapi untuk kelima ini adalah yang terbaik, sehingga Anda bisa terlebih dahulu menggunakan beberapa alat utama tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai