Bagaimana Sih Memulai Bisnis Program Afiliasi Indonesia? Berikut Penjelasannya!

Sebelum membahas mengenai bisnis afiliasi , sebenarnya apa sih afiliasi atau biasa disebut afiliasi marketing itu? Nah, afiliasi marketing secara sederhana dapat dikatakan sebagai skema keuntungan untuk setiap penjualan yang dasarnya dari promosi pemasar yang bersangkutan.

Keuntungan yang diperoleh berupa komisi yang berasal dari transaksi pembeli. Afiliasi menjadi salah satu pekerjaan mencari uang yang berasal dari internet dan dikerjakan secara jujur.

Situs referensi afiliasi Indonesia yaitu berasal dari program affiliate Indonesia yang dibuat oleh suatu perusahaan maupun individu melalui pihak ke-3 dengan tujuan memasarkan dan mengembangkan produk. Selanjutnya kita masuk ke pembahasan utama yaitu cara memulai bisnis di program afiliasi Indonesia.

Langkah Memulai Bisnis Program Afiliasi Indonesia

Menentukan Bidang atau Tema

Menentukan bidang atau tema

Sebelum terjun ke dalam bisnis afiliasi, hendaknya tentukan terlebih dahulu tema atau bidang spesifik yang akan difokuskan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Anda bisa menarik pengunjung secara spesifik. Jika Anda berhasil menarik pengunjung atau traffic dengan jumlah banyak tentu akhirnya bisa menjadi penentu sukses dalam menjalankan bisnis afiliasi ini.

Pilihlah bidang atau tema yang Anda sukai sehingga membuat Anda senang dan semangat untuk mempelajarinya. Segala sesuatu tentunya butuh proses bukan? Sama halnya dengan menjalani Bisnis Online Indonesia dengan afiliasi marketing ini, Anda perlu belajar tentang afiliasi dan tema apa yang akan ditekuni.

Cari Referensi Program Afiliasi yang Sesuai

cari referensi program afiliasi yang sesuai

Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya yaitu mencari referensi situs afiliasi Indonesia sesuai dengan bidang atau tema yang dipilih dan bersifat bagus dan menguntungkan. Dalam mencari referensi, pastikan terlebih dahulu apakah ada produk yang hendak Anda promosikan. Anda bisa memulai dengan mencarinya di google melalui kata kunci bidang atau tema dan juga affiliate.

Bandingkan dengan Kompetitor Lain

Bandingkan dengan Kompetitor Lain

Setelah melihat beberapa referensi yang Anda peroleh, selanjutnya Anda bisa membandingkan kekurangan dan kelebihan dengan kompetitor. Carilah situs afiliasi Indonesia yang menyediakan berbagai kemudahan bahkan untuk pemula.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya agar lebih memahami tentang bisnis afiliasi ini. Mulailah memahami dengan cara yang paling mudah hingga mampu memahami dengan baik.

Membuat Website Afiliasi

Membuat website afiliasi

Selanjutnya mulailah membuat website afiliasi marketing Anda sendiri. Untuk membuat website maka Anda diharuskan membeli hosting dan domain, namun jangan gunakan hosting dan domain gratis. Jika Anda menggunakan domain gratis maka Anda tidak mempunyai kontrol penuh terhadap website Anda. Website dan domain gratis memiliki indikasi rendah dalam bidang otoritas tersebut.

Jika memiliki indikasi yang rendah maka akan berdampak pada kepercayaan orang lain yang membaca website Anda menjadi berkurang. Memiliki website sendiri tentu menjadi dasar dari bisnis program afiliasi. Dengan website Anda sendiri, Anda dapat memberikan informasi secara gamblang mengenai produk yang akan Anda promosikan.

Disini Anda dapat memulai menjalin hubungan jangka panjang dengan pembaca website dan mulai mengimplementasikan strategi Anda mengenai afiliasi marketing secara lebih baik. Anda bisa memulai mengisi website dengan konten yang berisi dan menarik pembaca dari berbagai kalangan.

Bergabung dalam Program Afiliasi

Jika Anda sudah memiliki website sendiri, selanjutnya mulailah bergabung dengan program afiliasi di Indonesia sesuai dengan tema yang Anda tentukan. Apakah tema Anda ingin mempromosikan produk fisik, mempromosikan produk digital atau mempromosikan produk lainnya. Setelah Anda menemukan program afiliasi yang sesuai, mulailah bergabung dan masuk ke dalam anggota Anda.

Temukan berbagai penawaran afiliasi untuk produk yang Anda ingin promosikan dan copy link afiliasi yang diberikan oleh produk tersebut. Anda memerlukan link tersebut untuk melalui tahap selanjutnya.

Membuat Konten atau Artikel yang Terkait dengan Produk

Setelah memiliki website sendiri dan memiliki produk yang akan dipromosikan, langkah selanjutnya yaitu mulai membuat artikel ataupun konten berkaitan dengan produk tersebut. Membuat konten yang menarik menjadi bagian penting dan inti dari afiliasi marketing. Konten yang mampu memikat pembaca menjadi faktor terpenting dalam menentukan keberhasilan Anda dalam menjalani bisnis afiliasi ini.

Konten yang dimuat dalam website Anda dapat berupa artikel, podcast, video, maupun gambar. Namun artikel memiliki poin paling penting yang digunakan untuk afiliasi marketing, artikel mampu menjelaskan secara rinci dan mendalam. Artikel harus mampu menjelaskan review produk, review produk menjadi jembatan afiliasi marketing yang efektif dan merubah pembaca menjadi pembeli.

Ketika menuliskan review produk, tuliskan pengalaman nyata yang positif tentang produk yang ditawarkan. Tunjukkan kelebihan dari produk dan tulis secara jujur. Posisikan Anda sebagai pembaca yang mencari produk untuk mengatasi masalah sehingga ini akan menjadi konten yang tepat seperti apa yang dicari oleh pembaca website Anda.

Pada bagian akhir review tersebut, sertakan ajakan yang menarik bagi pembaca untuk membeli produk yang Anda sediakan dan hubungkan dengan link afiliasi ke produk tersebut sehingga mendorong pembeli untuk menggunakan produk yang disediakan.

Selain review, artikel juga dapat memuat perbandingan produk dengan produk dari perusahaan lain. Hal ini menjadi salah satu tahap riset bagi calon pembeli atas pilihan yang ada di pasaran. Dengan adanya perbandingan, pembeli menjadi benar-benar percaya dan tertarik untuk membeli produk yang Anda promosikan.

Baca Juga : Memulai Bisnis Online Hanya Dengan Modal Kecil, Berani Coba?

Menarik Pembaca Konten Website

menarik pembaca konten website

Memiliki pembaca dalam jumlah banyak di dalam website adalah kunci sukses dalam menjalankan bisnis afiliasi marketing ini. Namun, bukan hal yang mudah agar website dapat dikunjungi dan dibaca banyak orang. Dibutuhkan usaha sedikit agar pembaca tertarik untuk membuka website Anda. Salah satu usahanya yaitu Anda bisa berbagi informasi melalui media sosial.

Menilik kaum milenial jaman sekarang yang tidak bisa lepas dari media sosial justru menjadi peluang pengguna afiliasi marketing. Anda bisa menuliskan kata yang menarik pembaca dan mengarahkan agar membuka website Anda. Selain media sosial, Anda juga bisa menulis artikel tamu di blog yang memiliki traffic tinggi. Hal tersebut dapat membuat pembaca blog dari traffic tinggi tersebut melirik tulisan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memulai membuat email list. Hampir seluruh pekerja afiliasi marketing yang sukses memiliki daftar email yang sangat besar. Promosi melalui email ternyata juga menjadi salah satu cara paling efektif untuk menghubungkan dengan pembaca. Meskipun awalnya belum membutuhkan produk Anda, namun seiring berjalannya waktu produk Anda akan diperlukan.

Setelah melakukan langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas, tetaplah berusaha mencari ilmu tentang afiliasi marketing. Teruslah berusaha mengasah kemampuan dengan terus belajar. Terutama mempelajari cara membuat konten yang menarik agar mampu dilihat banyak pembaca. Tentunya Anda harus mengikuti jaman yang terus berkembang sehingga bahasa yang Anda gunakan dapat menarik pembaca.

Demikian penjelasan mengenai bisnis program afiliasi marketing yang bisa Anda coba. Sebenarnya menjalani bisnis ini tidaklah mudah, diperlukan materi atau pengetahuan terlebih dahulu kemudian mulai tahap eksperimen dan kemauan untuk terus belajar dan tidak mudah menyerah. Semoga bermanfaat!

Mungkin Anda juga menyukai