Tips Memulai Bisnis Online Ayam Petelur Bagi Pemula

Tips Memulai Bisnis Online Ayam Petelur bagi Pemula

Ibisnis.net – Bisnis Ayam Petelur saat ini juga tidak kalah populernya dengan bisnis online yang lain. Selain itu cara untuk memulai bisnis ayam petelur juga cukup banyak, karena memiliki prospek yang bagus untuk masa mendatang.

Telur ayam juga menjadi salah satu bahan pokok yang selalu dicari. Apalagi dengan pemanfaatannya yang cukup beragam dan luas. Mulai dari ibu rumah tangga, industri rumahan sampai pabrik kebanyakan menggunakan pasokan telur yang banyak. Selain itu terkadang pasokan telur juga harganya dapat naik cukup drastis. Terutama saat masuk hari besar keagamaan sampai hari raya.

Cara Memulai Bisnis Ayam Petelur untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Ayam Petelur untuk Pemula

Mengumpulkan Informasi

Bisnis petelur sendiri termasuk bisnis yang memiliki rasio keuntungan dan kerugian yang sama besarnya. Jadi Anda hanya perlu mengumpulkan dan mencari informasi selengkap-lengkapnya.

Termasuk berapa modal yang dibutuhkan, yang harus dipersiapkan sampai bagaimana cara untuk merawat ayam petelur tersebut. Jadi jangan sampai saat
usaha Anda sudah akan dimulai, tapi masih bingung bagaimana cara mengelola ayam petelur itu sendiri.

Perencanaan Bisnis ayam petelur yang Matang

Setelah Anda mendapatkan informasi yang cukup tentang semua kebutuhan ayam petelur. Maka lanjutkan dengan membuat perencanaan bisnis yang lebih matang. Jika sudah ada perencanaan yang matang, maka setiap risiko mampu diminimalisir.

Rencana yang dibuat tersebut juga harus sangat detail dan mencakup semua aspek dalam bisnis yang akan Anda jalankan. Mulai dari survey keadaan pasar seperti fluktuasi harga, risiko yang tidak terduga, pesaing, biaya yang harus dikeluarkan mulai dari awal sampai akhir.

Bagi Anda yang tidak memiliki rencana bisnis ayam petelur yang matang, maka tidak ada jaminan dapat langsung sukses saat menjalankan bisnis tersebut. Oleh karena itu adanya rencana bisnis akan memiliki arah yang lebih jelas.

Pemilihan Bibit Ayam

Setelah Anda selesai pada semua perencanaan segera tentukan untuk membeli bibit ayam yang berkualitas sampai dengan pakan ayamnya. Hal ini dilakukan
supaya telur yang dihasilkan juga berkualitas baik.

Untuk jenis bibitnya sendiri terdiri dari ayam medium dan ayam lehor. Untuk ayam medium ini memiliki bulu dengan warna coklat dan gemuk. Sedangkan ayam lehor memiliki bulu putih dan lebih kurus dibandingkan ayam medium.

Menentukan Skala Usaha

Saat ini menentukan skala usaha dalam menjalankan bisnis ayam petelur sangat penting. Apalagi Anda juga dapat dengan mudah mempersiapkan modal yang dibutuhkan.

Dengan begitu Anda juga dapat memprediksi berapa ayam serta jumlah telur yang dihasilkan setiap tahun. Lebih mudah dalam mempersiapkan kebutuhan lokasi, kandang sampai biaya produksi yang dibutuhkan untuk merawat ayam. Selain itu dengan menentukan skala usaha juga akan membantu Anda dalam merencanakan setiap hal menjadi lebih baik.

Pembuatan Kandang

Pembuatan kandang sendiri terdiri dari lokasi sampai desain yang akan digunakan. Untuk lokasi sendiri, bagi ayam petelur harus memilih tempat yang tepat. Karena ayam petelur tersebut termasuk hewan yang sangat sensitif, mudah kepanasan dan mudah kaget.

Oleh karena itu lokasi pembuatan kandang harus diperhatikan secara serius. Karena jika ayam sampai mengalami kepanasan, stres dan yang lainnya maka produksi telur akan merosot drastis serta membuat Anda rugi.

Sedangkan untuk desain kandang harus di desain sedemikian rupa supaya dapat membuat ayam petelur lebih nyaman dan tidak kepanasan. Buat dengan sirkulasi udara yang ditata dengan baik, peletakan pakannya juga harus diletakkan di tempat yang tepat.

Selain itu tempat ransum, tempat minum dan tempat obat-obatan juga harus di desain dengan tepat supaya ayam merasa nyaman. Jadi produksi bisnis online
petelur juga akan bertambah banyak. Jangan lupa untuk memberikan sistem penerangan yang harus sesuai konsep yang tepat.

Fasilitas Sarana

Cuaca, kondisi temperatur, iklim dan yang lainnya juga harus Anda perhatikan jika ingin memulai bisnis peternak ayam petelur yang sukses. Hal ini dilakukan karena jika ayam merasa nyaman, maka otomatis produksi telur juga akan lebih maksimal.

Untuk temperatur sendiri dapat dipasang dengan 32.2 derajat sampai 35 derajat celcius yang cocok untuk kandang ayam petelur.

Menentukan Metode Pemasaran bisnis ayam petelur

Untuk metode pemasaran sendiri biasanya memang dilakukan secara offline dan kebanyakan para peternak menjualnya secara langsung di pasar atau warung- warung terdekat. Tapi penjualan tersebut juga dapat dilakukan secara online melalui berbagai media sosial.

Karena zaman sendiri sudah semakin canggih, jadi pemasaran akan menjadi lebih luas jika dilakukan secara online. Anda hanya perlu memiliki profil yang jelas pada setiap media sosial dan memberikan informasi yang lengkap tentang petelur yang dihasilkan.

Dengan begitu para konsumen juga akan mempercayakan telur yang dibeli melalui Anda. Telur menjadi terjual lebih banyak dan Anda akan mendapatkan keuntungan yang banyak pula dari bisnis ayam petelur tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai