Cara Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan Untuk Pemula

Ibisnis.net – Di zaman modern ini, jual beli online terus mengalami peningkatan dan berkembang pesat. Jenis apa pun barang bisa dipasarkan secara online, dengan melalui platform marketplace ataupun ditawarkan melalui media sosial milik pribadi.

Sebagian orang berpendapat bahwa memulai sebuah bisnis online memang terdengar sangat rumit. Dan membutuhkan modal yang cukup besar. Memang membuka bisnis online tidak memerlukan toko fisik karena aktifitas perjualan akan dilakukan secara online. Namun, bukan berarti memulai bisnis online tidak memerlukan modal sama sekali. Inilah hal yang paling sering dipikirkan dan menjadi pertimbangan utama dalam memulai bisnis online.

Tanpa Anda sadari, banyak orang beralasan tidak memiliki modal ini selalu menjadi alasan untuk tidak memulai usaha online. Padahal sebenarnya, banyak sekali cara untuk memulai bisnis online tanpa menggunakan modal yang banyak. Bahkan Anda bisa memulai membuka bisnis online hanya dengan menggunakan modal yang kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang besar.

Bagi Pemula, memulai bisnis online bukanlah suatu hal yang mudah. Pasti banyak yang bertanya-tanya kenapa sebagian orang bisa sukses dalam membuka bisnis online, Bagaimana sih cara memulai bisnis online dan harus mulai dari mana ya? Pertanyaan tersebut memang sangat wajar, karena semua pelaku Bisnis Online Indonesia yang sudah sukses pada awalnya juga seperti itu. Tak mungkin mereka bisa langsung sukses begitu saja.

Sebenarnya ada banyak tutorial tentang bisnis online. Akan tetapi kamu harus memilih jenis bisnis online terbaik dan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Nah sekarang kita akan membahas tentang cara memulai bisnis online yang menguntungkan.

1. Membangun Blog/Website

Membangun Blog/Website

Ini adalah langkah awal yang paling mudah dilakukan oleh seorang pemula untuk memulai sebuah bisnis online. Cobalah belajar untuk membangun sebuah blog/website dengan topik menarik dan bisa memberikan manfaat bagi audiens yang tidak terlalu sulit. Kita bisa membuat sebuah blog/website yang berhubungan dengan kesukaan, hobby dan keahlian, tentu ada banyak orang yang punya kesukaan, hobby dan keahlian yang sama dengan Anda. Mereka inilah yang nantinya akan menjadi audiens Anda.

Setelah blog yang Anda buat memiliki banyak pengunjung, Anda bisa monetize blog tersebut dengan berbagai cara. Cara monetize blog Anda dengan memasang iklan, misalnya menjadi publisher dan memasang iklan PPC Google Adsense, iklan produk sendiri, iklan affiliasi, menjual jasa artikel review, dan sebagainya. Jika Anda sudah memiliki sebuah blog yang profesional, pastinya akan memberikan keuntungan jangka panjang dari berbagai jenis monetize.

2. Membuka Toko Online

Membuka Toko Online

Jika benar-benar serius memulai usaha bisnis online, maka Anda harus memiliki toko online. Melalui toko online ini, Anda tidak hanya bisa memasarkan produk maupun jasa secara online tapi juga bisa melakukan branding terhadap produk maupun perusahaan anda.

Toko online merupakan aset digital yang semua pemasar online harus memilikinya. Kenapa harus memiliki toko online?. Jawabannya adalah karena dengan memiliki toko online kita bisa lebih hewat dibandingkan membuka toko di mall, selain penyewaannya yang lebih mahal, Anda juga harus menyewa SPG untuk menjaga toko Anda selama toko tersebut buka. Dengan toko online, sistem orderan bisa dibantu oleh teknologi, sehingga customer bisa berbelanja dengan online tanpa harus ada kehadiran SPG tersebut.

Untuk Anda yang masih pemula, membuat toko online sendiri tentu menjadi tantangan tersendiri. Oleh karenanya, anda bisa menyewa jasa pembuatan toko online. Sehingga anda tidak perlu direpotkan oleh pekerjaan-pekerjaan teknis dalam pembuatan toko online. Anda hanya perlu fokus pada jualan saja.

3. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing merupakan sebuah model bisnis yang menarik bagi banyak orang yang baru terjun di bidang internet marketing dan bisnis online. Jika anda seorang pengusaha dengan kemampuan pemasaran yang hebat, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memulai bisnis online sebagai affiliate marketer. Pemasaran Afiliasi hanya melibatkan Anda menjual produk dan layanan perusahaan untuk sebuah komisi yang disepakati untuk setiap penjualan yang dilakukan melalui Anda.

Anda mungkin memperoleh lebih dari 2% dari total harga pembelian produk yang Anda jual dan lebih dari 75% untuk produk digital seperti perangkat lunak komputer, eBook, dan lain-lain. Meskipun mungkin memerlukan sedikit waktu bagi Anda untuk mempelajari trik dari bisnis ini.

4. Bisnis Manajemen Iklan

Bisnis Manajemen Iklan

Di pasar yang sangat kompetitif saat ini. Jika kamu tidak mengerti bagaimana mengarahkan lalu lintas berbayar dan mengoptimalkan konversi Anda, Anda perlu beralih ke perusahaan yang melakukannya. Iklan berbayar bisa menjadi sangat kompleks. Hal ini seperti definisi penargetan ulang dan preferensi pemirsa khusus, bersama dengan memahami pasang surut dan segala sesuatu dengan corong penjualan, rumit dan membingungkan bagi sebagian besar pengguna.

Jika Anda sudah memahami mekanisme iklan berbayar, Anda bisa dengan mudah meluncurkan bisnis pengelolaan iklan. Mengingat iklan pemicu pertumbuhan raksasa teknologi seperti Facebook, Google dan Youtube. hari ini, dengan banyak orang lain masuk ke dalam campuran, memahami dan menavigasi perairan suram iklan berbayar bisa membuat Anda tenang untuk menuai kekayaan besar seperti cara mengiklankan produk di youtube.

5. Bisnis Sewa Properti

5. Bisnis Sewa Properti

Bisnis sewa properti adalah salah satu instrumen investasi yang sangat menggiurkan. Alasannya, tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok. Maka tak heran jika bisnis ini selalu dilirik investor. Untuk memulai bisnis properti ini tidaklah semudah dibayangkan. Seseorang investor dituntut jeli apakah properti yang dibeli akan membawa untung.

Bagi Anda yang mempunyai properti melebihi satu, adalah sebuah peluang besar untuk menjadikannya sebuah passive income yang mempunyai nilai besar. Kita bisa menyewakan properti yang kita miliki untuk menjadi sumber pendapatan sebelum kita memutuskan untuk menjualnya.

Akan tetapi untuk menyewakan properti tidak mudah serumit menjual sebuah properti. Untuk menyewakan properti juga memiliki banyak risiko yang dapat merugikan. Dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini kita dapat terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Sebelum memutuskan untuk menyewakan properti kita, ada baiknya kita perhatikan terlebih dahulu kondisi fisik dari properti kita. Hal pertama yang biasa dilakukan banyak orang adalah memperbaiki properti apabila sudah ada penyewa. Dengan alasan mereka akan mengambil anggaran sewa untuk memperbaikinya.

Hal ini memang tidak salah akan tetapi juga sedikit kurang efektif, karena kita harus mengeluarkan banyak biaya utnuk pembenahan sehingga dana yang kita terima tidak bisa maksimal kita gunakan untuk perencanaan kedepan. Akan tetapi apabila kita sering melakukan perawatan secara berkala maka pembedahan properti yang akan kita sewakan relatif lebih kecil.

Nah, setelah membaca artikel ini, tentunya Anda sudah punya sedikit gambaran tentang bagaimana cara untuk memulai bisnis online yang menguntungkan. Meskipun anda masih pemula tapi jangan pernah takut untuk memulai bisnis dan bersaing karena akan selalu ada celah utnuk bisa dimanfaatkan di bisnis online. Tentu jenis bisnis onloine yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda, lakukan sekarang dengan serius.

Mungkin Anda juga menyukai