Inilah 8 Strategi Jitu Atur Keuangan Agar Mapan Finansial

Ibisnis.net – Untuk bisa menghadapi kehidupan ini dan bertahan, manusia memang membutuhkan sebuah pekerjaan. Lewat pekerjaan itulah, Anda bisa mendapatkan penghasilan. Dan penghasilan digunakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan sehari-hari. Mereka yang hidup dengan penghasilan melimpah, tentu akan terlihat nyaman dibandingkan mereka yang memperoleh penghasilan pas-pasan.

Padahal sebetulnya untuk meraih posisi mapan secara finansial, hal yang harus Anda lakukan adalah memiliki strategi jitu untuk mengatur keuangan. Sebesar apapun penghasilan Anda, kalau pengeluaran boros jelas bakal merugikan. Untuk itulah terutama bagian Anda yang masih muda, perlu memahami beberapa tips mengatur keuangan agar bisa meningkatkan pendapatan dan menghemat pengeluaran.

8 Tips Agar Keuangan Teratur Supaya Hidup Berkecukupan

Teliti Belanja Meski Kecil

Jika Anda memang ingin membuat diri lebih disiplin perihal keuangan, maka jangan pernah remehkan pengeluaran yang kecil. Biasanya beberapa orang tidak terlalu memusingkan uang yang keluar untuk beli snack, sekedar beli aksesoris lucu atau bahkan nonton film. Padahal tanda disadari, pengeluaran untuk hal-hal kecil ini biasanya malah bisa membuat sifat boros keluar.

Seperti pendapat Suze Orman, penasihat keuangan Amerika menyebutkan bahwa sekecil apapun pengeluaran haruslah dicatat bahkan dihemat. Coba saja Anda hitung berapa pengeluaran untuk beli jajan di malam minggu, beli headset baru atau mungkin beberapa kali nonton bioskop, jika dijumlahkan justru merupakan sebuah pembelanjaan yang tidak sedikit, bukan?

Investasi Masa Depan

Beberapa orang kadang masih enggan memiliki rencana keuangan masa depan karena merasa masih muda, padahal ini salah besar. Sebaiknya sedari muda, terutama sejak pertama kali Anda bekerja, haruslah sudah mulai menabung. Ingat-ingat betul kata pepatah bahwa menabung itu sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit. Anda bisa memilih banyak sekali jenis investasi yang menguntungkan dan menambah penghasilan.

Paling sederhana jelas memasukkan deposito ke bank, menabung konvensional, membeli logam mulia, saham hingga yang paling modern adalah berinvestasi bitcoin. Di awal investasi coba pilih yang risikonya paling rendah dulu dan tak usah terlalu besar jumlahnya. Karena Tennessee Williams pernah berkata, seseorang bisa saja menjalani masa muda tanpa uang, tapi mustahil menjalani masa tua tanpa simpanan.

Bikin Rencana Belanja

Salah satu cara paling sederhana agar bisa disiplin dalam hal keuangan adalah mengatur pembelanjaan dengan membikin rencana pembelian. Berbelanja bulanan memang diperlukan dan ada baiknya membeli secara grosir karena jelas lebih murah sehingga tabungan makin banyak. Dengan rencana belanja, waktu yang diperlukan untuk membeli sesuatu bakal lebih efektif karena Anda tahu apa saja yang dibutuhkan.

Belanja yang sudah didata juga akan membuat Anda lebih selektif dalam mengeluarkan uang karena barang yang masuk ke keranjang benar-benar Anda butuhkan. Ada baiknya barang yang dibeli haruslah kebutuhan primer dan baru itu beri catatan untuk barang-barang sekunder alias penunjang. Jangan malu untuk mencari supermarket yang sedang menggelar promo alias diskon asalkan produknya berkualitas.

Kerja Keras dan Cerdas

Sudah jadi hukum alam jika ingin memiliki pendapatan dalam jumlah besar maka harus bekerja keras. Tanyakan kepada orang-orang yang sukses secara finansial, sebelum bisa menikmati hidup dengan santai mereka tentu berjuang hingga titik darah penghabisan dan pantang menyerah. Jadi tak ada salahnya untuk bekerja dengan sangat keras terutama jika Anda masih dalam usia produktif.

Dengan bekerja keras, Anda akan memperoleh penghasilan yang sesuai harapan dan bisa mengatur keuangan. Namun perkembangan jaman saat ini membuat setiap orang tak hanya dituntut bekerja keras, tetapi juga bekerja cerdas. Misalkan saja Anda memiliki hobi menulis, bisa bekerja di rumah bermodalkan PC/laptop dan internet. Pekerjaan bisa dilakukan sambil santai tanpa perlu 8-9 jam berada di kantor.

Begitu pula dengan mereka yang hobi fotografi, bisa menjalankan hobi sekaligus berprofesi jadi fotografer profesional tanpa harus Senin-Sabtu ke kantor. Dengan bekerja secara cerdas Anda masih bisa memiliki waktu luang asalkan pekerjaan sudah selesai dan pendapatan yang menguntungkan. Bagaimana? Jauh lebih menyenangkan bekerja keras yang cerdas, bukan?

Baca Juga : 4 Cara Mengatur Modal Usaha dan Cara Menghindari Kebangkrutan

Ingat Rumus Miliarder

Salah satu alasan yang membuat seseorang enggan menabung adalah karena keuangannya masih belum memuaskan. Dengan pendapatan pas-pasan, beberapa orang memilih tak menabung dan baru akan mulai menyisihkan pendapatan saat punya gaji besar. Pemikiran ini justru salah besar karena justru jika Anda sudah disiplin dalam menabung dan bijak, berapapun jumlahnya akan memberikan manfaat di masa depan.

Hal itu pula yang menjadi prinsip dasar banyak miliarder dunia. Salah satu orang kaya yang begitu rajin mengajak siapapun rajin menabung dan cerdas mengatur keuangan adalah Warren Buffet. Investor sukses ini memiliki pendapat ‘Jangan menyimpan uang sisa belanja, tapi belanjakan uang yang tersisa setelah menabung’. Bagaimana? Apakah Anda bisa memberanikan diri seperti Buffet?

Jangan Boros & Pamer

Jangan boros dan pemer

Kunci utama dalam menghemat pengeluaran adalah menahan betul sifat boros dan pamer. Ada banyak orang terutama anak muda, memilih membeli barang-barang dengan harga fantastis karena merk produk itu terkenal dan merasa bangga memilikinya. Padahal ini adalah bentuk pemborosan yang sungguh sia-sia. Begitu pula dengan kebiasaan membeli barang karena suka, bukan karena butuh.

Hal-hal negatif seperti inilah yang harus sangat Anda kurangi jika ingin menghemat pengeluaran. Karena sebesar apapun pendapat Anda, jika memang masih hidup konsumtif dan cuma ingin pamer, tentu akan habis. Ingat kata aktris Hollywood Angelina Jolie, tabung sepertiga dari pendapatan, gunakan hanya sepertiga saja dan sepertiga lainnya sebagai amalan kegiatan sosial.

Beli Barang Yang Masih Layak

Di manakah Anda biasanya membeli barang? Supermarket? Mall atau secara online? Semua itu bisa. Namun apakah Anda cukup terbiasa membeli barang bekas? Mungkin banyak di antara Anda yang tak bersedia. Ada banyak sekali alasan kenapa seseorang enggan beli barang bekas seperti merasa malu dan tampilannya sudah buruk. Padahal tanpa Anda ketahui, ada banyak sekali barang-barang bekas yang kondisinya layak.

Sebut saja seperti mobil bekas, rumah milik tetangga hingga beberapa furniture. Tidak semua barang bekas punya kondisi mengecewakan, karena masih banyak yang mampu berfungsi dan memiliki tampilan terawat. Dengan membeli barang bekas berkualitas, Anda jelas masih bisa menghemat pengeluaran dan mendapatkan barang sesuai dengan kebutuhan.

Punya Impian

Nah, inilah hal utama yang membuat seseorang bisa bertahan dalam mengatur keuangannya secara ketat. Terutama bagi Anda yang masih berusia produktif, memiliki impian adalah cara untuk semakin rajin bekerja. Misalkan saja Anda ingin sebelum usia 35 tahun sudah memiliki rumah dan mobil pribadi, maka sejak lulus kuliah harus rajin bekerja dan rajin menabung.

Perbanyak cara menambah penghasilan dengan cerdas mengatur waktu untuk kerja tambahan. Karena intinya sebagai manusia memang hidup untuk berjuang. Mereka yang percaya pada kekuatan mimpi dan memiliki perencanaan matang dalam hal keuangan, akan bisa hidup mapan finansial. Dengan strategi yang jitu, kehidupan tua Anda justru akan jauh lebih bahagia daripada di masa muda. Jadi, berjuanglah!

Mungkin Anda juga menyukai