Inilah 9 Rahasia Anti Gagal untuk Menjadi Pebisnis Sukses

Ibisnis.net – Menjadi seorang pebisnis nampaknya memang menggiurkan. Ketika Anda sudah menjadi seorang pebisnis sudah sukses, maka Anda bisa mendulang harta kekayaan berlimpah sekaligus menginspirasi orang lain. Akan tetapi, menjadi seorang pebisnis sukses itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Faktanya, ada setidaknya sembilan rahasia khusus yang nantinya wajib Anda ikuti.

Cara Menjadi Pebisnis Sukses yang Perlu Anda Tahu

1. Bekerja Pintar

Bekerja keras memang merupakan salah satu kunci utama dalam membangun sebuah bisnis yang sukses. Akan tetapi, Anda juga tak boleh melupakan sistem bekerja yang pintar. Bekerja dengan pintar akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efisien dari segi waktu, tenaga, dan materi tanpa mengurangi hasil yang didambakan.

Bekerja dengan pintar juga menghindarkan Anda dari aktivitas bekerja yang berlebihan. Dengan begini, kesehatan Anda pun akan tetap terjaga. Sebab apa gunanya bisnis yang sukses kalau Anda tak memiliki kondisi kesehatan yang prima. Oleh karena itu, mulailah untuk belajar bekerja pintar dan mengaplikasikannya.

2. Memperhatikan Target Konsumen

Percaya atau tidak, salah satu alasan utama bisnis seseorang tak bisa berjalan dengan baik karena tidak adanya target konsumen. Bisnis tersebut kemungkinan memiliki target konsumen yang ‘buram’ sehingga produk atau jasa yang ditawarkan tidak tepat sasaran. Hasilnya, meski produk atau jasa tersebut berkualitas, Ia tidak akan serta-merta dilirik oleh orang.

Inilah kenapa menentukan target konsumen itu penting. Kalau Anda sudah tahu target konsumen Anda, maka Anda akan lebih mudah menentukan konsep bisnis Anda secara keseluruhan. Semisal Anda ingin membangun bisnis kuliner dengan target konsumen anak muda, maka buatlah produk makanan atau minuman yang dekat dengan tren kuliner masa kini.

3. Merekrut Orang yang lebih Handal

Anda wajib merekrut orang dengan kemampuan yang tak Anda punyai dalam bisnis Anda. Semisal Anda punya bisnis kue kering dan Anda ahli dalam membuat kue kering, maka Anda harus merekrut orang dengan kemampuan marketing dan keuangan yang handal. Hal ini supaya kue kering Anda bisa diketahui oleh konsumen dan dibeli dengan harga yang sepantasnya.

Sebaliknya, Anda hendak membangun bisnis kue kering namun Anda hanya ahli dalam bidang marketing dan keuangan, maka carilah orang yang punya kemampuan brilian dalam memproduksi kue kering. Dengan begini, bisnis Anda bisa berjalasecara seimbang dan tertata manajemennya. Anda pun mesti tahu bahwa Anda tidak mungkin mengelola bisnis Anda sendiri tanpa bantuan orang lain.

4. Menyusun Rencana Pengeluaran Bisnis

Apa pun jenis bisnis yang Anda bangun, Anda tentunya wajib menyusun dan mengatur rencana finansialnya. Hal in terutama pada bagian pengeluaran bisnis, mulai dari pengeluaran yang tercantum hingga pengeluaran yang tak terduga. Dari awal pembangunan bisnis online indonesia, perencanaan finansial ini harus jelas dan profesional.

Dalam kata lain, Anda tidak boleh melibatkan uang pribadi Anda untuk ‘menolong’ kegagalan atau mendompleng nama bisnis Anda. Inilah kesalahan umum yang kerap terjadi pada para pebisnis pemula. Bukannya untung, kebiasaan ini nantinya akan membuat Anda jadi buntung. Gantilah mindset tersebut dengan cara mendapatkan dana sokongan dari pemerintah atau sponsor.

5. Buatlah Daftar Goal untuk Dikejar

Menjadi seorang pebisnis sukses itu harus visioner. Anda mutlak hukumnya untuk senantiasa membuat daftar goal demi kelancaran dan kelangsungan bisnis Anda ke depan. Tanpa adanya daftar goal ini, maka bisnis Anda seakan tak memiliki arah dan tujuan. Alhasil, jangan lewatkan hal ini bahkan ketika bisnis Anda sudah sukses nantinya.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat goal pendapatan bisnis yang harus selalu meningkat di setiap tahunnya. Tahun ini mungkin keuntungan bisnis Anda baru nmenginjak angka 20 persen. Akhirnya Anda memutuskan untuk membuat goal bahwa tahun depan, keuntungan bisnis wajib naik hingga dua kali lipat. Goal inilah yang wajib untuk dipenuhi dan tak boleh dilanggar meski melewati masa yang sulit.

6. Bersikap Bijaksana pada Kegagalan

Yang namanya kegagalan itu pasti ada dalam sejarah pendirian sebuah bisnis sukses. Kini yang terpenting adalah bagaimana Anda menyikapi kegagalan tersebut. Akankah Anda mengambil hikmah dari kegagalan? Tentu saja Anda harus bisa bersikap bijaksana dan tak henti-hentinya berinstrospeksi. Jangan berhenti menelusuri alasan di balik kegagalan tersebut untuk diperbaiki di kemudian hari.

Bisnis Anda bisa saja sudah bagus konsepnya, namun Ia kalah dari kompetitor yang lebih besar. Ada juga faktor-faktor tak terduga seperti adanya bencana alam atau krisis yang datang dari luar. Anda pun harus berbesar hati dan pantang menyerah. Jangan takut gagal, karena kegagalan dalam bisnis adalah sesuatu yang sudah pasti akan datang menghampiri Anda.

7. Berani Menantang Diri Sendiri

Nanti ketika bisnis Anda sudah mulai berjalan dengan stabil, saatnya Anda untuk menantang diri Anda sendiri. Buatlah sebuah keputusan yang ‘mendobrak’ demi kemajuan bisnis Anda di masa depan. Tapi ingat, keputusan ini sudah dipikirkan dan diikuti dengan rencana yang matang. Jangan takut gagal karena Anda juga punya peluang yang sama untuk berhasil.

Asalkan setelah mengeksekusi keputusan tersebut, Anda tidak lepas tangan. Tetap lakukan analisis berkala pada setiap aspek bisnis Anda. Kalau ada yang tidak beres, maka segera lakukan langkah penanganan untuk memperbaiki hal tersebut. Tapi kalau berjalan sesuai harapan, maka naikkan lagi standar bisnis Anda pada keputusan tersebut.

8. Percaya Diri

Percaya diri berbeda dengan bersikap arogan ya. Memiliki sifat percaya diri artinya Anda tidak takut menerima segala tantangan bisnis yang dilimpahkan pada Anda. Anda pun masih bersedia menerima kritik dan saran dari karyawan, konsumen, relasi bisnis, hingga kompetitor bisnis Anda.

Sedangkan kalau Anda bersikap arogan, maka Anda hanya berani menerima tantangan tanpa mau mendengar kritik dan saran dari orang lain. Sifat percaya diri pun akan membawa imej Anda menjadi lebih baik.

Anda akan dipandang sebagai seorang pemimpin yang dapat dipercaya, dihormati, dan memiliki wibawa. Tidak peduli walau pun Anda adalah seseorang yang pendiam dan pemalu, Anda harus mempunyai sifat ini jika ingin menjadi pebisnis sukses.

9. Mendengarkan Masukan dan Komplain

Kendati suatu saat bisnis Anda sudah menjadi sebuah bisnis raksasa, Anda tetap tak akan bisa menghindari yang namanya kritik dan komplain. Komplain yang bisa datang dari klien atau konsumen ini sejatinya adalah petunjuk untuk mengetahui kelemahan bisnis Anda. Kalau Anda mengabaikannya, maka sama saja Anda membiarkan bisnis Anda runtuh secara perlahan.

Maka yang harus Anda lakukan adalah dengarkan baik-baik segala kritik, komplain, dan masukan dari klien atau konsumen. Kalau kritikan atau masukan tersebut ditulis di media sosial atau online platform lainnya, maka balaslah dengan sopan dan diawali dengan kalimat terima kasih.

Sebagai kesimpulan, Anda tidak bisa menjadi pebisnis sukses hanya dalam waktu semalam. Anda benar-benar harus membangun bisnis Anda dari nol dan tak henti-hentinya belajar. Sembilan hal di atas hanyalah segelintir dari keseluruhan rahasia
menjadi pebisnis sukses. Sisanya nanti akan Anda dapatkan melalui pengalaman
jatuh bangun dalam membangun bisnis Anda.

Mungkin Anda juga menyukai