Langkah Tepat Memulai Bisnis Hotel Agar Menguntungkan

Ibisnis.net – Sama seperti usaha lainnya, ketika Anda memulai bisnis hotel tentu akan ada persaingan dengan kompetitor. Oleh karena itulah ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat akan memulai bisnis tersebut. Anda memerlukan rencana bisnis dan kemampuan manajemen yang baik. Coba perhatikan kiat-kiat berikut.

Kiat Penting dalam Mendirikan Bisnis Hotel

Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Coba buatlah konsep apa yang menjadi keunikan hotel Anda. Apa yang membuat hotel Anda lebih unggul dari yang lain. Untuk lebih mudahnya Anda dapat melihat ulasan tentang berbagai hotel lain. Semisal kebanyakan tamu membuat komplain tentang staf yang tidak ramah. Maka Anda bisa mengubahnya menjadi keunggulan hotel Anda.

Contohnya hotel Anda menghadirkan staf yang selalu tersenyum serta bersikap ramah dan siap melayani pengunjung. Meski terkesan sepele namun setiap hotel memiliki tata krama yang berbeda. Jika Anda bisa memberikan pelayanan terbaik yang punya keunikan, maka pengunjung akan betah. Bahkan akan kembali lagi ke hotel Anda.

Tentukan Target Pasar Hotel

Sebelum memulai bisnis ini, Anda perlu memahami target pengunjung hotel Anda. Anda ingin mempromosikan hotel ini kepada siapa dan seperti apa cara promosinya. Jika Anda sudah mengetahui target pasar Anda, maka lebih mudah merancang sistem layanan untuk para pengunjung tersebut.

Semisal ada pengunjung yang menginap satu malam saja. Kemungkinannya mereka tidak sempat berkeliling hotel untuk melihat-lihat seluruh area. Anda bisa memberikan selebaran brosur hotel yang berisi foto-foto beserta deskripsi seluruh fasilitas hotel. Pengunjung tentu senang dan siapa tahu mereka akan mencoba fasilitas tersebut.

Merencanakan Waktu Balik Modal

Ketika menjalankan bisnis yang paling penting Anda mendapatkan laba. Karena itu menandakan investasi Anda berhasil. Anda pun bisa menerima balik modal sesuai waktu yang ditentukan. Namun bila tidak kunjung mendapatkan untung meski melebihi waktu yang diprediksikan, ada indikasi bisnis hotel Anda tidak berjalan dengan baik.

Coba pertimbangkan besarnya modal untuk memulai usaha ini. Lalu berapa biaya pengelolaan hotel setiap bulan. Membuat rencana keuangan sangat penting untuk bisnis Anda. Ini juga membantu Anda menentukan berapa lama waktu yang diperlukan hingga modal Anda kembali. Serta berapa besar keuntungan Anda tiap bulannya.

Merancang Sistem Manajemen Hotel

Bisnis yang sukses membutuhkan manajemen yang baik. Artinya Anda perlu menerapkan kemampuan organisasi yang baik pula. Cara terbaik untuk mengelola bisnis Anda adalah dengan membuat rencana tentang pengelolaan setiap aspeknya. Lalu menentukan siapa yang akan bertanggung jawab di setiap area.

Jadi Anda menentukan staf yang berbeda dengan tanggung jawabnya masing-masing. Mereka ini diberi amanah untuk area tertentu di hotel. Contohnya, resepsionis akan bertanggung jawab melayani pemesanan kamar, sementara petugas kebersihan bertugas membersihkan ruangan. Sementara Anda sebagai atasan bertugas menerima laporan dari para staf. Sehingga Anda mengetahui persis kondisi di hotel.

Menyediakan Wi-Fi Gratis

Baik itu hotel kecil maupun besar, semakin hari Wi-Fi makin menjadi kebutuhan bagi pengunjung. Wi-Fi gratis sudah menjadi standar hotel. Sebagai layanan bagi pengunjung yang menginap. Karena kini setiap komunikasi dan berbagai aktivitas selalu terkait dengan koneksi digital, sangat penting menyediakan Wi-Fi selama 24 jam.

Bahkan kini banyak calon pengunjung mencari hotel yang memiliki fasilitas koneksi Wi-Fi. Pastikan juga koneksinya bisa berjalan cepat tanpa hambatan. Tidak sedikit ulasan hotel dari pengunjungnya yang kecewa dengan koneksi Wi-Fi di sana. Hal tersebut menurut penelitian dari Zyxel berdasarkan survei terhadap 405 pebisnis hotel.

Siapa Saja Kompetitor Utama Sebuah Hotel?

Hotel Besar

Di Indonesia ada ribuan hotel mulai dari bintang satu hingga bintang lima. Pesaing utama Anda tentu adalah hotel-hotel besar yang sudah berdiri sejak lama. Selain namanya sudah dikenal, hotel tersebut juga memiliki pelanggan yang senantiasa berkunjung. Bagi hotel baru kompetisinya sangat ketat dengan hotel-hotel besar.

Hotel Kecil

Persaingan tidak kalah ketat dengan hotel yang lebih kecil. Baik itu hotel bintang satu, dua atau tiga. Anda harus pandai-pandai memberikan layanan sekaligus menentukan harga. Karena tidak sedikit hotel kelas menengah yang memberikan promo diskon besar untuk menarik pengunjung.

Penginapan Bukan Hotel

Semakin banyak orang menginap di tempat yang bukan hotel. Baik itu hostel, losmen, guest house, kos harian atau mingguan, hingga menyewa rumah atau villa untuk keperluan pribadi. Terkadang backpacker-lah yang suka menginap di tempat-tempat tersebut. Dengan kemudahan melakukan booking online orang pun semakin mudah menemukan penginapan tersebut.

Mempromosikan Brand Hotel Melalui Pemasaran Digital

Situs Web Hotel

Sudah selayaknya hotel Anda memiliki situs web sendiri. Karena kini lebih dari 60% orang mencari informasi melalui internet sebelum booking hotel. Situs web hotel menandakan bahwa hotel Anda terpercaya, apalagi jika dilengkapi alamat, kontak yang bisa dihubungi, serta galeri foto yang berisi segala fasilitas hotel Anda.

Media Sosial

Siapa yang tidak menggunakan media sosial sekarang ini? Banyak hotel yang dapat menjangkau audiens lebih luas melalui pemasaran di media sosial. Baik itu Facebook, Instagram, Youtube dan lainnya. Anda dapat merekrut khusus staf untuk pemasaran digital. Sehingga kegiatan promosi hotel Anda bisa dilakukan dengan lebih optimal.

Aplikasi Ticketing

Menjadi salah satu sumber utama untuk mendatangkan pengunjung hotel Anda. Karena semakin banyak orang yang beralih memesan tiket online. Mereka pun lebih senang mengakses aplikasi langsung melalui ponsel. Hotel Anda pun akan semakin mudah ditemukan melalui berbagai aplikasi booking hotel tersebut.

Persentase Biaya Utama untuk Operasional Hotel

Keuntungan

Tentu Anda membangun bisnis hotel untuk mendapatkan keuntungan usaha. Penghitungan untung adalah seluruh pendapatan dikurangi biaya, bunga dan pajak. Setidaknya keuntungan hotel rata-rata dalam setahun adalah 15,5% dari penjualan.

Pembelian

Pembelian paling besar untuk hotel tidak lain adalah perlengkapan kamar tidur dan ruangan, di samping biaya pembelian lainnya. Terutama jika hotel Anda menyediakan camilan dan minuman di setiap kamar. Pembelian menghabiskan sekitar 29,9% dari pendapatan operasional.

Gaji Staf

Setiap aspek manajemen hotel membutuhkan staf yang bertugas. Mulai dari penerimaan tamu, hingga segala kegiatan di dapur sampai penjaga kebersihan. Setidaknya rata-rata biaya untuk gaji karyawan hotel adalah 27,5% dari total pendapatan.

Biaya Sewa

Biaya sewa hotel juga membutuhkan perhitungan dalam rencana keuangan Anda. Umumnya rata-rata biaya sewa ini, ditambah perlengkapan lainnya, menghabiskan sekitar 7,6% dari pendapatan hotel.

Biaya Lain

Biaya marketing dan royalti adalah pengeluaran wajib untuk hotel yang beroperasi dengan sistem franchise. Umumnya biaya ini dibayarkan tahunan sebesar kurang lebih 4% hingga 6% dari total pendapatan hotel.

Sementara biaya lainnya lagi adalah untuk pengeluaran tak terduga seperti perbaikan, promosi, komisi untuk agen, fee bunga dan booking, biaya accounting dan pengurusan hukum, biaya kendaraan sewa dari hotel, alat tulis dan percetakan, asuransi, serta biaya administrasi lainnya.

Demikianlah sejumlah tips untuk memulai bisnis hotel. Beserta sekilas rincian biaya untuk operasional usaha. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai