Layak Dicoba, Inilah 8 Strategi Promosi Dahsyat Untuk Usaha Kecil

Ibsisnis.net – Menjadi seorang pengusaha adalah salah satu profesi yang paling menjanjikan. Tak perlu mengikuti aturan atasan, ketika Anda berwirausaha maka Anda-lah sang pemimpin. Meskipun menjanjikan pendapatan menggiurkan dan kenyamanan, pasalnya tak semua orang punya keberanian untuk membuka usaha sendiri. Apalagi bagi mereka yang sudah bekerja di perusahaan, ada saja alasan enggan berwirausaha.

Salah satunya adalah kesulitan mengatur modal dan bingung melakukan promosi. Kedua hal ini jelas jadi pilar penting untuk wirausaha. Jika memang modal yang jadi masalah, maka Anda bisa mengatasinya dengan memulai Bisnis usaha kecil. Karena dengan strategi promosi yang tepat, usaha kecil perlahan bisa berkembang dan menjanjikan pendapatan yang luar biasa untuk Anda.

8 Strategi Promosi Untuk Usaha Kecil Yang Ampuh

Lakukan Riset

Hal paling mendasar yang harus Anda lakukan saat memutuskan ingin membuka usaha entah besar atau kecil adalah melakukan riset. Berbeda dengan menjadi karyawan, wirausaha harus bertanggung jawab penuh atas kelangsungan hidup-matinya sebuah usaha dan menerima risiko untung-rugi yang ada. Modal harus dikelola dengan benar-benar optimal dan supaya tak gagal harus melakukan riset sederhana.

Untuk melakukan riset bisa terjun langsung ke pasar mengenai apa yang sedang dibutuhkan atau memanfaatkan media sosial mengenai apa yang sedang jadi viral. Tentukan dengan pasti kelompok target penjualan Anda seperti mau berjualan gamis perempuan muda maka harus berjualan di lingkungan kampus atau banyak anak muda bukannya di lingkungan yang dipenuhi masyarakat non Muslim.

Pahami Kebiasaan dan Kebutuhan Pasar

Supaya riset Anda lebih memiliki bobot dan jadi pertimbangan utama dalam menciptakan produk barang atau jasa yang bakal dijual, jangan malas untuk lebih mempelajari calon konsumen. Cari tahu bagaimana selera dan kebiasaan setiap target konsumen sekaligus bagaimana cara mereka mengambil keputusan. Misalkan saja Anda ingin menjual barang-barang kelengkapan dapur.

Maka ada baiknya Anda mulai berjualan di jelang akhir tahun, puasa Ramadhan-Lebaran atau momen liburan sekolah. Pastikan pasar Anda adalah ibu-ibu rumah tangga yang di momen-momen demikian butuh banyak alat masak. Karena jika Anda menjual di masa mencari sekolah tentu peminat bakal turun karena ibu-ibu ini sedang sibuk menghabiskan dana untuk biaya sekolah buah hati.

Pelajari Kompetitor

Setiap bisnis pasti ada yang namanya persaingan. Jangan dihindari karena hal ini justru akan menciptakan iklim usaha yang sehat. Kompetitor seharusnya mampu membuat Anda senang karena berarti memacu untuk bisa menghasilkan produk lebih baik. Jangan minder jika merk dagang kompetitor Anda lebih populer karena ini bisa melatih mental sebagai seorang wirausaha sejati.

Justru keberadaan kompetitor itu membuat Anda rajin melakukan pengamatan. Karena Anda bisa tahu berapa harga dan jenis produk yang dijual kompetitor. Berangkat dari informasi itu, Anda bisa menciptakan inovasi produk baru dengan harga yang lebih terjangkau sehingga strategi promosi bisa terjadi jauh lebih optimal serta efektif. Mempelajari kompetitor juga membuat Anda tahu apa kekurangan dan kelebihannya.

Baca Juga : 4 Cara Mengatur Modal Usaha dan Cara Menghindari Kebangkrutan

Cari Lokasi

Tak bisa dipungkiri bahwa saat membuka sebuah usaha sendiri, pemilihan lokasi adalah hal yang sangat tepat.Usahakan lokasi bisnis yang Anda pilih dekat dengan target pasar sehingga peluang terjual lebih besar. Namun bagaimana dengan solusi lokasi yang terbentur masalah modal? Maka Anda bisa memilih menjalankan bisnis secara online dan mempromosikannya di media sosial.

Hanya saja sekalipun di media sosial, Anda juga harus menentukan lokasi terbaik untuk memposting produk. Misalkan saja di grup khusus para penjual atau di Instagram atau Youtube jika memang konten promosi Anda berupa video. Strategi promosi ini jelas bisa memberikan dampak yang signifikan untuk penjualan produk.

Fokus Pada Kualitas Produk

Jika melakukan riset, membaca kebiasaan konsumen, mempelajari konsumen dan memilih lokasi sudah dilakukan, maka hal penting lainnya yang wajib diperhatikan adalah perkara kualitas produk. Anda harus tahu bahwa sebanyak apapun penjual, pembeli tetap mencari produk dengan kualitas terbaik dan harga masuk akal. Untuk itulah jika memang Anda ingin menang menghadapi persaingan, tingkatkan kualitasnya.

Apalagi jika banyak pedagang lain yang menawarkan produk serupa, strategi yang paling efektif dalam hal promosi adalah melakukan inovasi. Misalkan saja sudah banyak sekali penjual kuliner ayam geprek, termasuk Anda. Maka Anda harus membuat produk makin unik dengan ayam geprek saos padang. Keunikan ini menjadi sebuah strategi penjualan dahsyat karena bikin penasaran dan layak dibeli.

Susun Cara Promosi

Sebuah hal yang maksimal akan bisa berjalan dengan rencana yang baik. Tidak cuma di dunia bisnis, seluruh hal di dunia ini jelas butuh perencanaan. Misalkan saja Anda yang ingin mendapat beasiswa, tentu sudah menyusun jadwal agar bisa belajar rutin. Kaitannya dengan usaha kecil yang dikelola, cara promosi yang tepat jelas bakal memberikan pengaruh besar ke cash-flow bisnis.

Ketahuilah bahwa sebagus apapun produk Anda, tanpa metode promosi yang tepat maka bakal sia-sia. Anda bisa memilih melakukan promosi konvensional dengan memanfaatkan media visual seperti banner, brosur, spanduk atau baliho. Sementara itu jika memang usaha kecil cuma dilakukan sendiri dan di rumah, maka promosi di internet akan jauh lebih efektif. Untuk itulah pelaku usaha kecil haruslah rajin online.

Jangan ragu juga untuk memberikan potongan diskon atau paket promo hingga bebas ongkos kirim karena hal ini begitu efektif dalam strategi pemasaran. Penjual yang sering memberikan diskon tentu bakal menarik lebih banyak pembeli. Ini menjadi salah satu promosi paling mudah yang bisa Anda lakukan.

Manfaatkan Internet

Perkembangan jaman yang luar biasa pesat membuat setiap orang sudah lazim menggunakan HP dengan akses internet. Tingginya pengguna internet di Indonesia justru harus jadi peluang besar bagi Anda mempromosikan produk. Tak perlu jadi ahli komputer atau ahli internet untuk membuat sebuah postingan mengenai produk usaha Anda di media sosial.

Yap, saat ini pengguna media sosial seperti Facebook atau Instagram memang begitu besar dan malah sering dijadikan lahan bisnis. Anda harus jeli dan melihat peluang ini dengan rajin memposting produk di jam-jam ramai pengguna. Begitu pula melakukan promosi di WhatsApp atau bahkan sampai menulis konten di blog. Internet akan membuat produk Anda tersebar dan menarik lebih banyak calon konsumen.

Baca Juga : Tips Jitu Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal Besar

Layanan Maksimal

Nah, inilah strategi promosi dahsyat terakhir untuk usaha Anda yakni pelayanan. Entah mau usaha kecil atau besar, jika pelayanan yang diberikan tidak memuaskan maka bisa bangkrut. Untuk itu seberapa pun jumlah konsumen mau membeli produk Anda, Anda haruslah tetap ramah. Jangan mudah sebal dengan berbagai pertanyaan konsumen yang juga kadang mendadak pergi.

Penjual yang ramah akan membuat konsumen justru merasa bahagia dan nyaman. Nah bagaimana? Ternyata dibutuhkan strategi tersendiri untuk mengenalkan produk usaha kecil milik Anda, bukan? Untuk itulah jangan pernah berhenti belajar dan terus melakukan usaha. Karena seperti kata pepatah, Berakit-rakit dahulu, berenang kemudian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Mungkin Anda juga menyukai