Mau Investasi Properti dengan Untung Berlipat? Begini Caranya!

Ibisnis.net – Di samping mengandalkan pemasukan dari pekerjaan utama, tak ada salahnya Anda melakukan investasi bisnis di bidang properti. Investasi properti merupakan salah satu jenis investasi Bisnis Indonesia yang paling banyak dilirik karena tergolong stabil. Sebagai contoh, apabila terjadi bencana inflasi, harta Anda akan tetap selamat karena dirupakan dalam bentuk sebuah properti.

Bahkan, besar kemungkinan bahwa harta properti Anda dapat menghasilkan keuntungan berlipat ganda di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, Anda tak perlu ragu melakukan investasi semacam ini. Cukup dengan mencatat dan mengikuti deretan tips berikut, dijamin Anda akan menjadi investor properti yang mumpuni.

Tips Jitu Investasi Properti untuk Masa Depan

Memilih Tempat Membeli Properti

Sebelum siap menunaikan niat untuk investasi properti, Anda harus menemukan tempat membeli properti yang tepat. Anda dapat membeli properti di area yang Anda sudah merasa familiar sehingga Anda tak perlu lagi melakukan riset berkepanjangan mengenai area tersebut. Atau, Anda juga bisa membeli properti di wilayah yang strategis alias berpotensi untuk memiliki pertumbuhan yang cepat.

Selain mempunyai pertumbuhan yang cepat, lokasi properti yang strategis juga bisa jadi merupakan area dengan harga sewa yang tinggi. Faktanya, ada lho kawasan yang menyewakan bangunan properti dengan harga lebih mahal dari nilai properti itu sendiri. Contohnya seperti pada area properti yang berdekatan dengan wilayah perkantoran, sekolah, dan universitas.

Memperhatikan Faktor Pembelian Properti

Tak hanya perkara lokasi tempat properti, Anda juga wajib memperhatikan faktor-faktor berikut dalam membeli properti. Pertama-tama, pastikan properti yang dibeli punya nilai plus tersendiri seperti memiliki garasi hingga memiliki kolam renang atau taman yang terawat misalnya. Hanya saja, untuk fitur seperti kolam renang dan taman seperti ini, Anda memang membutuhkan perawatan yang ekstra.

Masuk ke faktor kedua, pilihlah bangunan properti yang cocok untuk konsumen dari segala latar belakang. Dimulai dari anak kuliahan, pasangan, keluarga muda, hingga bahkan pensiunan. Hal ini tentu saja menjadi sebuah strategi agar properti Anda segera laku untuk dijual atau disewakan.

Belajar Menjadi Investor Properti Handal

Jangan enggan untuk mengikuti berbagai seminar investasi properti yang diadakan di kota Anda. Selain untuk menambah ilmu, menghadiri seminar semacam ini akan membuka wawasan Anda tentang dunia investasi properti yang sebenarnya. Di sana, Anda pun akan bertemu banyak investor lain yang lebih berpengalaman dari Anda.

Dengan begini, Anda bisa banyak bertanya mengenai berbagai permasalahan investasi properti pada mereka. Selain kerap hadir dalam seminar investasi properti, Anda juga bisa merekrut konsultan properti untuk meminta saran menjadi investor properti yang handal. Konsultan properti akan membantu Anda melakukan riset properti hingga mencarikan pengembang properti tepercaya.

Baca Juga : Raup Untung Besar Dengan Bisnis di Bidang Otomotif

Melindungi Aset Properti dengan Baik

Ketika Anda hendak menjual properti Anda, tidak ada jaminan bahwa properti akan laku dalam waktu singkat. Sedangkan aset properti Anda bisa saja sewaktu-waktu hilang karena hal-hal tak terduga seperti bencana alam hingga kebakaran. Nah, maka inilah tugas Anda untuk senantiasa melindungi aset properti Anda. Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan memberikan proteksi asuransi pada aset properti Anda. Kalau Anda membeli properti dengan tipe unit, kemungkinan besar asuransinya sudah dirupakan dalam bentuk pajak. Namun, jika Anda membeli properti secara privat, maka daftarkanlah properti Anda tersebut pada perusahaan asuransi properti pilihan Anda.

Mempertimbangkan Budget Perbaikan dan Pemeliharaan Properti

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda wajib hukumnya untuk selalu melindungi aset properti Anda. Sebelum Ia akhirnya laku dibeli orang, properti harus senantiasa dibersihkan dan dirawat secara utuh. Jika ada kerusakan, maka segera perbaiki kerusakan tersebut sebelum terlambat. Dengan begini, sewaktu-waktu ada yang tertarik dengan properti Anda, Anda tidak repot memperbaikinya lagi.

Alhasil, rencanakan budget perbaikan dan pemeliharaan properti secara serius. Anda perlu berhati-hati jika properti yang Anda beli sudah tua umurnya. Kemungkinan besar aka nada banyak hal yang harus diperbaiki di dalam properti tersebut. Bila memungkinkan, Anda bahkan bisa merenovasi properti Anda agar nampak lebih memikat di mata calon pembeli.

Merekrut Manajer Properti

Dalam ranah investasi properti profesional, ada yang namanya manajer properti. Manajer properti pun memegang peranan kunci dalam menjalankan beberapa fungsi manajemen properti. Sebut saja seperti merancang perencanaan manajemen, merancang anggaran, menyusun jadwal pemeliharaan dan pengamanan properti, hingga menjaga hubungan baik dengan penyewa properti.

Bahkan, dengan merekrut manajer properti, Anda bisa menyuruhnya untuk melakukan riset hingga analisis nilai properti demi harga properti Anda yang lebih tinggi. Contohnya, Ia bisa memberikan saran agar Anda menambahkan fasilitas tertentu yang sedang menjadi tren di dunia properti pada bangunan Anda. Bagaimana? Investasi properti Anda jadi lebih terarah bukan?

Membuat Kontrak Manajemen Properti

Kontrak ini dibuat untuk memperjelas aneka aturan dan tanggung jawab yang dimiliki dan disepakati bersama manajer properti Anda. Kontrak ini tentunya harus seimbang di kedua belah pihak, yakni antara Anda sebagai investor dan si manajer properti. Yang pertama-tama wajib ada dalam kontrak manajemen properti adalah keterangan layanan dan gaji manajer properti.

Selanjutnya, cantumkan seluruh tanggung jawab Anda maupun tanggung jawab si manajer properti selama kerjasama masih berlangsung. Tak ketinggalan, masukkan juga kesepakatan aturan umum dalam hal investasi properti. Terakhir, tambahkan pula perjanjian mengenai faktor eksternal yang kemungkinan dapat merugikan transaksi investasi properti seperti kecerobohan atau penipuan dari pihak ketiga.

Mencoba Peluang Investasi Properti Tanpa Membeli

Seandainya Anda ingin investasi properti tapi tak punya cukup modal untuk melakukannya, maka lakukan tips yang satu ini. Anda bisa menjajal berbagai teknik investasi properti tanpa harus membeli bangunan properti secara fisik. Caranya antara lain dengan melancarkan teknik exchange-traded fund (ETF), real estate mutual funds, atau real estate investment trust (Dana Investasi Real Estate).

Yang paling umum dilakukan di Indonesia adalah teknik dana investasi real estate. Melalui dana ini, Anda bisa berinvestasi pada aset properti ala real estate seperti tanah, hotel, perkantoran, gedung, apartemen, rumah sakit, hingga saham perusahaan. Akan tetapi, sifat dari investasi ini adalah patungan. Yang mana berarti Anda tidak perlu membeli properti secara fisik maupun secara perorangan.

Baca Juga : Inilah 9 Rahasia Anti Gagal untuk Menjadi Pebisnis Sukses

Menjual Properti dengan Bijak

Dalam hal menjual properti, Anda mesti ingat bahwa ada berbagai macam biaya lain yang harus Anda bayar nantinya. Sebut saja pajak jual beli bangunan, komisi agen penjual bangunan, biaya periklanan, hingga biaya-biaya dokumen legal lainnya. Maka dari itu, ketika menjual properti, jangan hanya terpatok pada keuntungan untuk diri sendiri saja.

Sering-seringlah mencari informasi mengenai jumlah kisaran pajak ini itu yang wajib dibayarkan dalam bisnis properti. Pasalnya, bisa saja jumlah pajak tersebut naik tanpa Anda sempat memperkirakannya. Tak kalah penting, jangan segan untuk bertanya berapa persen komisi penjualan properti pada agen penjualan dan lakukan perjanjian tersebut secara resmi di atas kertas.

Mungkin Anda juga menyukai