Memulai Bisnis Online Hanya Dengan Modal Kecil, Berani Coba?

Ibisnis.net – Selamat datang di era internet, era digital dimana hampir semua sisi kehidupan manusia dan kebutuhannya bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol dan layar ponsel. Ya, kini hampir semua keperluan hidup manusia bisa dilakukan dengan cara online, cara virtual dimana kita tidak perlu harus berada di satu tempat yang sama untuk saling terhubung.

Termasuk dalam hal belanja sekarang tidak memerlukan lagi yang namanya toko dan pembeli tidak harus bertemu dengan penjualnya. Toko online hanyalah salah satu contoh kecil bagaimana kemajuan teknologi semakin mempermudah urusan manusia selama digunakan sebagaimana mestinya. Ada banyak lagi bisnis yang bisa dilakukan melalui internet yang bisa mendatangkan pendapatan cukup besar.

Jika selama ini orang pada umumnya akan berpikir bahwa untuk memulai suatu usaha atau bisnis memerlukan modal yang tidak sedikit maka di jaman online rumus tersebut tidak berlaku lagi. Bisnis online modal  kecil  tidak bisa diremehkan. Itu karena bisnis yang dilakukan secara online memiliki banyak kelebihan, antara lain adalah :

3 Kelebihan dari Bisnis Online

Lebih Hemat Biaya

Bisnis online tidak membutuhkan tempat khusus baik itu berupa kantor atau toko untuk menjalankan operasionalnya. Ini jelas keuntungan bagi kita terutama yang memiliki modal tidak terlalu banyak.

Setidaknya kita sudah menghemat biaya untuk sewa tempat tersebut berikut perlengkapannya seperti meja, kursi, lemari dan lainnya. Anda juga akan mengirit biaya transportasi, gaji karyawan dan beberapa biaya lainnya.

Jangkauan Tidak Terbatas

Bisnis yang dijalankan dengan cara online memiliki jangkauan yang sangat luas bahkan bisa dengan mudah sampai ke luar negeri yang jaraknya sangat jauh dari negara tempat tinggal kita. Dengan begitu kesempatan untuk dilihat dan dikenalorang akan jauh lebih terbuka.

Bisnis Anda seakan tidak memiliki batas untuk mendapatkan konsumen jika Anda menjual sebuah produk dan juga mendapatkan follower jika bisnis Anda bukan berupa produk. Kesempatan untuk sukses jelas akan lebih besar dengan jangkauan yang tidak terbatas tersebut.

Cocok Dengan Tren

Manusia jaman sekarang memiliki tren hidup dengan mobilitas tinggi serta kesibukan yang padat sehingga hampir tidak punya waktu luang bahkan untuk berbelanja. Solusi yang sering mereka lakukan adalah dengan belanja secara online dimana mereka tidak perlu bermacet-macetan meluangkan waktu untuk membeli segala keperluannya.

Dari beberapa contoh kelebihan dari bisnis online diatas maka sudah bisa dibayangkan bahwa semakin majunya jaman akan semakin prospektif juga untuk melakukan usaha secara online tersebut. Beberapa jenis bisnis online dibawah ini bisa Anda coba karena hanya memerlukan modal yang kecil.

4 Bisnis Online Dengan Modal Kecil

Blogger atau You Tuber

Anda pasti sering melihat iklan yang muncul di tengah-tengah artikel pada media online yang sedang Anda baca. Atau juga saat akan melihat video di You Tube sebelum video diputar maka akan ada sebuah iklan seperti yang biasa kita lihat di televisi.

Nah, inilah satu contoh bisnis secara online yang sangat menjanjikan hasilnya dan Anda hanya membutuhkan modal kuota, PC dan kamera untuk membuatnya. Anda bisa membuat blog dan mengisinya dengan tulisan yang menarik sehingga akan dibaca oleh banyak orang.

Jika pembaca atau pengunjung pada blog Anda jumlahnya bisa mencapai ribuan orang maka akan membuat perusahaan memasang iklannya di blog Anda tersebut.

Begitu juga dengan konten video yang menarik yang bisa Anda posting di You Tube juga bisa mendatangkan pengiklan jika viewer yang diperoleh banyak jumlahnya. Hasil dari iklan yang dipasang dalam blog atau akun You Tube Anda akan mendatangkan uang yang tidak sedikit.

Affiliate Marketer

Bisnis online membuka kesempatan kepada kita untuk menjadi seorang affiliate marketer. Tugas Anda hanyalah menawarkan produk atau jasa dari perusahaan dimana Anda menjadi afiliasinya nanti setiap produk atau jasa yang terjual Anda akan mendapatkan komisi.

Besarannya tergantung kesepakatan dan aturan dari masing-masing perusahaan. Anda hanya menawarkan saja tanpa harus membeli produknya terlebih dahulu.

Reseller dan Dropship Online Shop

Toko online mungkin inilah model bisnis online yang paling banyak diketahui dan dilakukan oleh masyarakat kita. Agar tidak mengeluarkan modal yang terlalu besar maka Anda bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropshipping terlebih dahulu.

Menjadi Content Writer

Jika Anda merasa memiliki kemampuan tata bahasa dan menulis yang baik maka Anda bisa mencoba bisnis online dalam bentuk lain dengan menjadi seorang cotent writer. Maraknya bisnis online membuat kebutuhan akan content writer semakin besar.

Banyak tulisan yang dibutuhkan untuk mengulas suatu produk dan jasa dalam bisnis online. Ini adalah salah satu fungsi dari content writer. Modal yang dibutuhkan hanya kuota internet dan laptop atau komputer.
Lalu bagaimana cara untuk memulai bisnis online dengan modal kecil seperti diatas?

5 Cara Melakukan Bisnis Online Untuk Pemula

Tentukan Kategori

Sebagai pemula sebaiknya fokus dalam satu kategori saja dan kembangkan hingga menjadi bisnis yang mapan dan menghasilkan. Jangan terlalu serakah dengan menjalani berbagai jenis bisnis online karena itu hanya akan membuat Anda kurang fokus. Dan akan lebih bagus lagi jika bisnis online yang Anda jalani sesuai dengan passion dan juga tren jaman.

Pilihlah Supplier yang Tepat

Setelah Anda menentukan kategori apa yang akan dijalani sebagai bisnis online maka jika Anda akan menjual produk pilihlah pemasok atau supplier barang yang tepat. Dalam hal itu bisa menyangkut soal harga, jenis barang, kualitas produk dan sebagainya. Selain itu juga lihat bagaimana reputasinya agar modal Anda tidak hilang sia-sia.

Sertakan Nomer Kontak Secara Jelas

Jangan lupa menyertakan nomer telepon atau kontak yang bisa dihubungi oleh calon pembeli. Tulis nomer dan kontak tersebut dengan jelas kalau bisa dalam format yang bisa langsung terlihat begitu calon konsumen masuk ke dalam toko online Anda.

Lakukan Promosi Untuk Bisnis Anda

Agar bisnis Anda bisa dikenal oleh orang lain dan kemudian bisa mendatangkan konsumen maka langkah selanjutnya adalah perkenalkan usaha Anda tersebut. Baik produk barang atau jasa semuanya membutuhkan promosi agar masyarakat bisa mengetahuinya. Promosi bisa Anda lakukan melalui sosial media, blog atau juga website milik Anda.

Lakukan Inovasi dan Kreativitas

Banyak saingan dalam bisnis online maka menuntut Anda untuk bisa lebih kreatif dalam menyajikan bidang usaha Anda tersebut. Buatlah inovasi terus menerus agar bisnis Anda bisa berbeda dengan pesaing Anda dan agar selalu bisa mengikuti perkembangan tren serta jaman. Membangun Reputasi Bisnis

Dalam bisnis online dimana Anda sebagai penjual atau pedagang tidak bertemu dengan calon konsumen atau pembeli maka reputasi menjadi hal yang sangat penting. Orang biasanya akan membaca ulasan yang diberikan oleh konsumen sebelumnya dalam memutuskan akan membeli produk Anda atau tidak. Apa yang disampaikan dalam bentuk komentar atau review oleh para konsumen ini nantinya akan turut membentuk opini dan reputasi pada bisnis online yang Anda jalani.

Mungkin Anda juga menyukai