Raup Untung Besar Dengan Bisnis di Bidang Otomotif

Ibisnis.net – Usaha atau bisnis di bidang apa yang bisa dikatakan memiliki prospek cukup menjanjikan di jaman sekarang ini? Membuka toko online mungkin bisa menjadi jawabannya hanya saja masalahnya sekarang ini usaha tersebut sudah seperti jamur di musim hujan. Semua orang membuat toko online. Dengan begitu berarti pasar semakin sempit dan persaingan semakin kuat.

Bingung? Mengapa tidak mencoba saja bisnis di bidang otomotif. Melihat pertumbuhan kendaraan bermotor baik roda 2 atau roda 4 di Indonesia juga semakin meningkat itu artinya prospek dan kesempatan semakin luas. Data dari AISI tahun 2015 yang lalu saja sudah menunjukkan jumlah kendaraan roda 2 yang masuk ke Indonesia sebanyak 2,3 juta unit.

Tahun ini mungkin jumlahnya sudah hampir 2 kali lipat. Dan untuk total jumlah kendaraan bermotor pada tahun yang sama menurut data dari BPS sejumlah 121,3 juta unit. Dengan jumlah yang begitu besar pada tahun 2015 yang lalu sudah bisa dilihat bahwa peluang dalam bisnis  bidang otomotif memang sangat menjanjikan.

3 Bisnis Bidang Otomotif yang Membutuhkan Keahlian Khusus

Usaha Bengkel

Kalau Anda ingin membuka usaha bengkel maka setidaknya Anda memang harus memiliki pengetahuan dasar tentang mesin-mesin kendaraan bermotor. Memang tidak mutlak karena bisa saja Anda memperkerjakan orang lain yang memiliki keahlian tersebut.

Tetapi hal tersebut bisa sangat berisiko karena Anda mungkin akan dibodohi atau bisa saja dikomplain oleh pelanggan karena ketidaktahuan Anda tentang mesin.

Selain membutuhkan pengetahuan tentang mesin jika Anda akan membuka usaha bengkel persiapkan dulu modal awal yang bisa saja jumlahnya tidak sedikit tergantung seberapa lengkap peralatan yang akan kita siapkan di dalam bengkel dan jenis kendaraan apa saja yang akan kita terima perbaikkannya.

Karena membuka bengkel motor saja tentunya modalnya akan lebih kecil jika dibandingkan dengan bengkel untuk kendaraan roda 4 atau mobil.

Montir Panggilan

Anda memiliki keahlian di bidang otomotif seperti pengetahuan tentang mesin kendaraan dan suku cadang misalnya tetapi tidak memiliki cukup modal untuk membuka usaha bengkel sendiri. Coba saja menjadi orang yang menjual jasa panggilan.

Ya, Anda bisa bekerja sebagai tenaga montir panggilan. Anda bisa memberikan jasa perbaikan pada kendaraan bermotor yang sedang bermasalah tanpa harus memiliki bengkel sendiri. Keuntungannya montir panggilan bisa bekerja kapan saja saat dibutuhkan tanpa harus mengikuti jam operasional seperti montir pada bengkel.

Usaha Cutting Stiker Mobil

Usaha bidang otomotif yang juga membutuhkan keahlian tertentu adalah dengan membuka jasa cutting stiker. Bukan hanya untuk mereka yang memang hobi dengan modifikasi pada kendaraannya tetapi cutting stiker pada mobil juga dibutuhkan untuk kebutuhan branding dari suatu perusahaan atau produk.

Anda pastinya sudah cukup sering melihat mobil yang pada bodinya terdapat tulisan dari suatu merk produk atau sebuah perusahaan. Mobil operasional pada hotel misalnya.

Dibutuhkan keahlian dalam membuat gambar dan desain jika Anda ingin berkecimpung dalam bidang cutting stiker ini. Karena kita tentu saja tidak bisa asal memasang stiker pada bodi mobil harus mempertimbangkan sisi estetika juga.

Anda harus bisa membuat bodi mobil menjadi tampak lebih menarik dengan adanya stiker yang menempel bukan sebaliknya malah membuat kendaraan menjadi tampak kumuh dan kotor penampilannya.

5 Usaha Bidang Otomotif yang Tidak Membutuhkan Keahlian Tertentu

Usaha Rental Mobil

Memang untuk membuat bisnis bidang otomotif ini Anda akan membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tentu saja modal tersebut dipergunakan untuk biaya pengadaan kendaraan dan perawatannya.

Tetapi pendapatan yang bisa Anda peroleh dari bisnis rental mobil juga cukup lumayan apalagi jika pelanggan Anda sudah banyak. Kebutuhan modal besar sebenarnya bisa diakali dengan menggunakan mobil pribadi milik Anda terlebih dahulu atau bekerja sama dengan teman-teman yang lain. Cukup gunakan 2-3 mobil saja terlebih dahulu sebagai permulaan.

Usaha Jual Beli Kendaraan Bekas atau Seken

Kebutuhan akan kendaraan bermotor yang tinggi membuat pasar jual beli kendaraan juga cukup prospektif. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan melakukan bisnis jual beli khusus kendaraan seken atau bekas. Bisa berupa sepeda motor dan bisa juga mobil bekas.

Kalau Anda memiliki modal yang cukup bisa membuat semacam show room kecil untuk usaha ini. Bagaimana kalau modal hanya sedikit? Beli saja satu unit kendaraan dulu milik orang yang memang akan menjual kendaraannya. Atau istilahnya Anda bisa memulai dengan menjadi makelar dalam jual beli kendaraan.

Usaha Pencucian Motor dan Mobil

Jenis usaha lain yang bisa Anda coba adalah pencucian motor atau mobil. Ini juga cukup menjanjikan meskipun memang membutuhkan modal yang lumayan. Jika Anda hanya memiliki sedikit modal dan lahan yang tidak begitu luas maka pilihan usaha pencucian motor lebih tepat.

Sedangkan jika modal banyak dan ada lahan atau tempat yang luas maka tidak ada salahnya Anda membuka jasa pencucian mobil.

Usaha Toko Aksesoris

Anda yang hobi bidang otomotif, suka memodifikasi kendaraan dan memiliki modal mengapa tidak mencoba untuk membuka toko aksesoris kendaraan bermotor khususnya mobil.

Beberapa contoh aksesoris mobil yang cukup digemari dan laku di pasaran misalnya velg mobil, fairing, handle, cover mobil, jok mobil dan masih banyak lagi. Berbagai jenis lampu-lampu pada kendaraan juga merupakan jenis aksesoris yang cukup laris baik untuk kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Usaha Toko Suku Cadang Kendaraan

Semua suku cadang atau spare part dalam mesin kendaraan roda 2 ataupun roda 4 memiliki masa berlaku. Seiring dengan pemakaian kendaraan yang semakin lama maka bagian-bagian tertentu dalam mesin akan mengalami penurunan kinerja atau rusak sehingga harus diganti dengan yang baru.

Berbanding dengan jumlah kendaraan bermotor yang semakin bertambah setiap tahunnya maka kebutuhan akan ketersediaan suku cadang atau spare part juga semakin tinggi. Keuntungan sudah ada di depan mata.

Mengapa Bisnis Otomotif Cukup Menjanjikan?
  • Pangsa pasar yang luas dan akan semakin luas jika melihat data dan fakta bahwa jumlah kendaraan bermotor di Indonesia semakin banyak.
  • Adanya pergeseran fungsi kendaraan dari sekedar alat transportasi menjadi bagian dari gengsi maka akan semakin banyak orang yang akan membeli kendaraan baru.
  • Prosedur kepemilikan kendaraan yang cukup mudah di Indonesia akan membuat orang juga akan mudah untuk memutuskan membeli motor atau mobil untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari.

Peluang usaha di bidang otomotif ternyata memang sangat menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit jika kita serius dalam menjalaninya. Jika dirasa modal yang diperlukan untuk membangun usaha di bidang otomotif cukup mahal maka Anda bisa memulainya dengan modal bersama beberapa teman yang juga menyukai bidang tersebut.

Selain itu tingkat mobilitas orang yang semakin tinggi juga membuat peluang bidang otomotif semakin lebar. Anda tidak harus memiliki keahlian di bidang mesin kendaraan bermotor karena peluang usaha bidang otomotif tidak selalu berhubungan langsung dengan mesin dan spare part.

Beberapa jenis usaha bidang otomotif bisa Anda jalani hanya dengan modal nekat saja ditambah sedikit kemampuan komunikasi. Kalau modal itu bisa dicari dengan beberapa cara.

Mungkin Anda juga menyukai